Ajaib, Batu Tumbuh di dalam Mulut Pria Malang Ini
Liputan6.com

3 years ago

Ajaib, Batu Tumbuh di dalam Mulut Pria Malang Ini

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Amerika Serikat, Brandon Douglas menderita penyakit aneh yakni saliva stone atau batu di kelenjar ludah. Awalnya Douglas merasakan sakit di mulutnya da nada sesuatu yang keras di rahang bawah sekitar lima hari.

Baca Juga

Idap Penyakit Langka, Seluruh Tubuh Kulit Gadis Ini Melepuh

Kena Penyakit Langka, 5 Kondisi Medis Ini Sulit Diketahui Orang

Didera Penyakit Aneh, Tangan Wanita Ini Membengkak Seperti Ubi

Dilansir dari brilio.net (14/09/2016), Douglas juga merasakan ada pembengkakan dibawah lidahnya. Dokter gigi menyebutkan pembengkakan yang ada dibawah lidahnya kemungkinan adalah batu. Empat hari kemudian Douglas memutuskan untuk menarik benda itu keluar. Usai sarapan, ia merasa sesuatu mencuat di mulutnya dan memutuskan untuk mengambilnya.

Ia lalu berlari ke kamar mandi sambil membawa ponselnya untuk merekam apa yang terjadi pada giginya. Video yang Douglas rekam dimulai dengan menunjukkan saat ia membuka mulut dan mengangkat lidah. Tak disangka rupanya tampak sesuatu berwarna putih nanah mencuat di submandibular (di bawah lekuk rahang).

Perlahan, Douglas mendorong benda itu keluar dengan gerakan lidahnya ke arah langit-langit mulut. Setelah keluar, batu dari kelenjar ludah muncul dengan panjang sekitar empat sentimeter.

Menurut informasi dari Alodokter, salivary stone atau batu di kelenjar ludah (sialoliths) disebabkan oleh penumpukan zat yang terkandung dalam air liur (seperti kalsium). Batu ini menyumbat aliran air liur ke mulut dan membuat kelenjar ludah membengkak dan rasa nyeri. Gejala umum ketika batu yang sudah menyumbat total adalah rasa nyeri yang tajam setelah makan.

Kemudian Douglas mengunggah video yang direkamnya pada 10 September 2016 ke media sosial. Video berdurasi 29 detik itu telah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali. Video tersebut mendapat banyak komentar dari netizen yang merasa aneh dengan penyakit yang diderita oleh Douglas.

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6