INSTALL SEKARANG
Sturridge-Firmino Bawa Liverpool Bungkam MU di Anfield
bola.com

4 years ago

Sturridge-Firmino Bawa Liverpool Bungkam MU di Anfield

Liverpool menang 2-0 atas Manchester United pada laga leg pertama 16 besar Liga Europa, Jumat (11/3/2016) dini hari WIB. Gol kemenangan The Reds dicetak Daniel Sturridge pada menit ke-20 dan Roberto Firmino menit ke-73.

Baca Juga

Lumat Tottenham, Satu Kaki Dortmund di Perempat Final Liga Europa

Permainan Salah Dinilai Salah

Chiellini: Lebih Mudah Jaga Ronaldo ketimbang Messi

Kemenangan ini membuat asa Liverpool ke perempat final Liga Europa terbuka lebar. Klub asal Merseyside itu hanya membutuhkan hasil imbang saat gantian bertandang ke Old Trafford, markas Manchester United, pada 18 Maret 2016.

Melawat ke markas Liverpool, Manchester United langsung menekan sejak menit awal. Peluang perdana Setan Merah hadir melalui Marcus Rahsford pada menit pertama. Namun, pemain 18 tahun itu gagal memaksimalkan umpan silang Memphis Depay karena bola melenceng mengenai pahanya.

Liverpool mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-20. Wasit menunjuk titik putih setelah Memphis Depay menjatuhkan Nathaniel Clyne di kotak terlarang. Daniel Sturridge yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan 12 pas Sturridge gagal dihentikan David De Gea.

Setelah gol tersebut, Liverpool semakin agresif melancarkan serangan ke lini pertahanan MU. Pada menit ke-23, kubu tuan rumah mendapatkan peluang menggandakan keunggulan melalui Philippe Coutinho.

Namun, Coutinho gagal memaksimalkan operan Sturridge. Bola hasil tendangan pemain asal Brasil itu terlalu lemah dan mudah dihalau oleh De Gea.

Tiga menit sebelum babak pertama usai, Marcos Rojo hampir mencetak gol penyeimbang. Namun, bola hasil sepakannya setelah memanfaatkan operan Morgan Schneiderlin masih melayang di atas gawang Liverpool.

ADVERTISEMENT

Pada menit ke-54, giliran Coutinho yang mengancam gawang MU setelah memaksimalkan umpan Roberto Firmino. Sayang, bola hasil tendangan keras kaki kanannya kembali dihadang oleh De Gea.

Liverpool akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-73. Di awali dari serangan balik, Adam Lallana menyodorkan bola ke depan gawang MU dan diteruskan dengan sempurna oleh Firmino dengan sepakan kaki kiri.

MU mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-85 . Diawali dari umpan lambung Bastian Schweinsteiger, Marouane Fellaini yang memenangi duel udara lalu menanduk bola.

Sayang, bola hasil sundulannya masih melebar tipis dari sisi kanan gawang Liverpool. Hingga laga usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Menurut statistik UEFA, Liverpool tampil atraktif dengan mencatatkan 60.persen penguasaan bola berbanding 40 persen milik MU. Pasukan Jurgen Klopp juga memiliki 10 peluang yang delapan diantaranya tepat sasaran. Sementara itu, Manchester United hanya mampu memaksimalkan satu peluang tepat sasaran dari empat percobaan.

Susunan pemain:

Liverpool: 22-Simon Mignolet, 2-Nathaniel Clyne, 6-Dejan Lovren, 17-Mamadou Sakho, 18-Alberto Moreno, 10-Philippe Coutinho, 14-Jordan Henderson, 23-Emre Can, 11-Roberto Firmino (27-Divock Origi 84'), 15-Daniel Sturridge (24-Joe Allen 64'), 20-Adam Lallana.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Manchester United: 1-David De Gea, 5-Marcos Rojo, 12-Chris Smalling, 17-Daley Blind, 30-Gullermo Varela, 7-Memphis Depay, 8-Juan Mata (21-Ander Herrera 79'), 9-Anthony Martial, 27-Marouane Fellaini, 28-Morgan Schneiderlin (31-Bastian Schweinsteiger 79'), 39-Marcus Rashford (16-Michael Carrick 46').

Manajer: Louis van Gaal (Belanda)

Wasit: Carlos Velasco (Spanyol)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini