Brasil Tempati Urutan ke-2 di Dunia dengan Pasien Positif Corona Terbanyak
Kumparan.com

2 weeks ago

Brasil Tempati Urutan ke-2 di Dunia dengan Pasien Positif Corona Terbanyak

Penularan virus corona di Brasil setiap tiap harinya semakin parah dan mengkhawatirkan. Hingga Sabtu (23/5) pagi, tercatat jumlah warga yang positif sudah mencapai 330.890 orang.

Atas torehan tersebut, Brasil kini menempati urutan kedua dengan jumlah pasien positif virus corona terbanyak di dunia. Banyaknya warga Brasil yang positif melewati Rusia dengan jumlah pasien 326.448 orang.

Sementara jumlah pasien yang meninggal tiap harinya di Brasil juga masih cukup tinggi. Tercatat pada Jumat (22/5), sebanyak 1.001 pasien meninggal dunia.

"Tambahan tersebut menjadikan total kematian menjadi 21.048 orang," kata Kementerian Kesehatan Brasil dikutip dari Reuters .

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyapa pendukungnya selama aksi protes di Brasilia, Brasil. Foto: REUTERS / Adriano Machado
Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyapa pendukungnya selama aksi protes di Brasilia, Brasil. Foto: REUTERS / Adriano Machado

Kemenkes Brasil menuturkan, Kota Sao Paulo merupakan wilayah paling parah yang terdampak pandemi virus corona. Berdasarkan foto udara yang beredar, terlihat petugas pemakaman menggali banyak lubang untuk memakamkan pasien yang meninggal akibat corona.

ADVERTISEMENT

Melesatnya jumlah kasus virus corona di Brasil sebenarnya tidak mengejutkan. Sebab, Presiden Jair Bolsonaro , sejak awal menantang anjuran WHO agar menerapkan physical distancing demi mencegah virus corona.

Bolsonaro juga menolak menerapkan lockdown atau karantina wilayah demi menekan penyebaran virus corona . Bahkan, dia ikut turun ke jalan dan mendukung masyarakat berdemo agar aturan isolasi dicabut.

Selain itu, upaya Brasil menekan virus corona semakin sulit setelah Menteri Kesehatan mereka mengundurkan diri. Tak tanggung-tanggung, sejak virus corona pertama kali diumumkan di Brasil, sudah dua Menkes mengundurkan diri.

***

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona )

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona