Survei: Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata No. 1 yang Ingin Didatangi Usai Pandemi
Kumparan.com

2 weeks ago

Survei: Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata No. 1 yang Ingin Didatangi Usai Pandemi

Hampir dua bulan, orang-orang lebih banyak memilih di rumah saja karena pandemi COVID-19. Tidak pergi ke mana-mana, kecuali untuk kebutuhan esensial, tentu bikin kamu jadi bosan dan uring-uringan.

ADVERTISEMENT

Tempat wisata dan hotel banyak yang ditutup. OTA sibuk me- refund pemesanan yang tak jadi digunakan. Enggak sedikit akhirnya orang yang memilih untuk mengunggah kembali foto-foto sisa liburan, karena rindu untuk jalan-jalan.

Di antara begitu banyak tempat wisata di Indonesia, ternyata Yogyakarta jadi destinasi nomor satu yang paling dirindukan traveler Indonesia, lho. Data ini didapatkan dari keterangan resmi Booking.com yang diterima kumparan , Senin (18/5).

Pantai Seminyak Foto: Shutter Stock
Pantai Seminyak Foto: Shutter Stock

Dalam keterangan resmi tersebut, Booking.com mengatakan bahwa mereka telah menelaah jutaan daftar keinginan wisata para traveler selama dua bulan terakhir. Hasilnya, wisatawan Indonesia lebih menginginkan jalan-jalan di dalam negeri, ketimbang luar negeri usai pandemi.

Hal tersebut dibuktikan dari 76 persen properti Booking.com dalam negeri yang dimasukkan dalam wishlist pengguna selama Maret hingga April. Persentase ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 55 persen saja.

ADVERTISEMENT

Menurut data yang dikumpulkan Booking.com, ada lima kota yang menempati posisi teratas daftar destinasi yang paling ingin dikunjungi traveler .

Kelima kota tersebut antara lain Yogyakarta , Jakarta, Ubud, Bandung, dan Seminyak. Sayangnya Booking.com tidak membocorkan persentase perolehannya.

Kusir sedang menunggu penumpang bersama delman dan kudanya di Jalan Malioboro Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Kusir sedang menunggu penumpang bersama delman dan kudanya di Jalan Malioboro Foto: Helinsa Rasputri/kumparan

Berikut daftar lengkapnya;

Yogyakarta

Jakarta

Ubud

Bandung

Seminyak

Canggu

ADVERTISEMENT

Kuta

Surabaya

Uluwatu

Jimbaran

Sementara itu, kota-kota di luar negeri yang paling ingin didatangi wisatawan Indonesia antara lain adalah Tokyo, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, dan Seoul. Selain itu, ada pula Osaka, Kyoto, London, Paris, dan George Town di Malaysia.

Ke-10 destinasi wisata ini merupakan kota-kota metropolitan Asia yang memiliki banyak daya tarik. Mulai dari kuliner yang otentik, pop culture , kemudahan akses, dan syarat perjalanan yang tak menyulitkan.

Menariknya, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh banyak wisatawan dunia. Data hasil survei Booking.com mengungkapkan bahwa ada 27 destinasi wisata Indonesia masuk daftar tempat yang ingin dikunjungi wisatawan usai pandemi.

ADVERTISEMENT

Lima di antaranya adalah Bali, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Barat. Bali sendiri menyabet peringkat kedua dalam daftar destinasi wisata yang paling ingin disambangi oleh wisatawan dunia.

Posisi ketiga ditempati oleh Andalusia, diikuti Catalunya, dan Florida. Sedangkan posisi wahid dipegang oleh Krasnodar Krai di Rusia.

Shibuya Crossing Foto: Shutter Stock
Shibuya Crossing Foto: Shutter Stock

Vikas Bhola, Regional Director, South Asia Pacific di Booking.com mengatakan bahwa data ini merupakan cerminan semangat wisatawan yang tetap tinggi walau pandemi menerpa.

Melalui fitur wishlist dalam Booking.com, pengguna memperlihatkan keinginannya untuk kembali mengeksplorasi dan menikmati beragam pengalaman.

"Benar-benar menakjubkan melihat beragam pengalaman wisata yang diimpikan oleh pelanggan kami, sementara mereka menunggu kesempatan yang tepat untuk kembali traveling ," kata Bhola.

ADVERTISEMENT

Wah, menarik, ya. Kamu sendiri, sudah punya rencana mau traveling ke mana habis pandemi?

***

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.