INSTALL SEKARANG
Ini Bocoran PerMen Yang Bakal Atur Facebook, Netflix dan OTT Lainnya
Selular.id

4 years ago

Ini Bocoran PerMen Yang Bakal Atur Facebook, Netflix dan OTT Lainnya

Jakarta, Selular.ID ?" Kontroversi seputar OTT kembali menghangat, pasca aksi blokir yang dilakukan Telkom terhadap layanan Netflix. Tidak ingin kondisi tersebut terus berlarut, pemerintah dalam hal ini Kementrian Komunikasi dan Informatika, memastikan akan segera menerbitkan Peraturan Mentri (Permen), yang nantinya dijadikan pedoman bagi para penyedia layanan OTT di Tanah Air.

Permen tersebut rencananya akan di publikasikan pada bulan Maret nanti. Lalu apa saja yang akan menjadi poin utama, dari peraturan yang diyakini akan membuat para OTT, tidak bisa lagi sembarang menyelenggarakan di Indonesia?

Karamullah Ramli, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memberi sedikit bocoran, dimana dalan Permen itu setidaknya akan ada 3 poin utama yang akan mengatur para OTT.

"Yang pertama tentu saja mereka harus memiliki Badan Usaha Tetap (BUT). Kedua, punya manajemen konten yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku," ucapnya saat bertemu media di kantor Kominfo.

ADVERTISEMENT

Pria yang akrab disapa Mulih ini menerangkan lebih jauh, yang dimaksud maksud dari manajemen konten, yaitu konten-konten yang diberikan oleh para pemain OTT harus menaati aturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

"Jadi nantinya konten yang diberikan tidak boleh bersinggungan atau melanggar dengan Undang-Undang Pornografi hingga Undang-Undang Terorisme," ucapnya

"Nantinya kalau ada konten yang tidak sesuai aturan atau melanggar, kita segera ambil tindakan. Tindakannya sendiri tentu dikaitkan dengan UU yang sesuai dengan pelanggaran isi konten tersebut," paparnya.

Sedangkan untuk poin ketiga, Mulih menginfokan, nantinya perusahaan yang bergerak sebagai pemain OTT akan dikenakan aturan level playing field. Artinya, baik OTT itu dari luar negeri maupun lokal penegakan aturannya akan disamakan.

"Nantinya tidak ada pembeda OTT global maupun lokal. Misalnya Kineria, layanan yang serupa Netflix tapi dari lokal, kalau aturan diberlakukan, maka tak hanya Kineria tapi juga Netflix juga harus menurutinya," ujar dia.

URL: http://selular.id/ky7AcG