City Klaim Tiket Terakhir Final Piala Liga

Tantang Liverpool

Manchester City berhasil amankan satu tiket terakhir final Capital One Cup, setelah mengklaim kemenangan 3-1 atas Everton pada leg kedua semifinal di Etihad Stadium, Kamis (28/01) dini hari WIB. Dengan hasil tersebut, maka Manchester biru unggul agregat menjadi 4-3 dan pastikan diri tantang Liverpool yang sudah lebih dulu lolos ke final.

Etihad Stadium sempat dibuat terdiam kala Ross Barkley mencetak gol cepat untuk Everton pada menit ke-18. Berawal dari serangan balik cepat, Leon Osman menggiring bola di sisi kiri lalu memberikan kepada Barkley. Pemain tim nasional Inggris itu menggiring bola dan melakukan sepakan dari luar kotak penalti, yang mampu menghujam gawang City. 0-1 skor berubah dan agregat pun menjadi 1-3 untuk Everton.

Namun keunggulan Everton hanya bertahan enam menit, karena City mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol Fernandinho. Bola liar tembakan Aguero yang membentur bek lawan diambil Fernandinho yang mengakhiri dengan sepakan mendatar. Si kulit bundar sempat mengenai kaki Leighton Baines sebelum melambung lewati jangkauan Joel Robles. 1-1 skor sementara.

Setelah keadaan leg kedua kembali berimbang, City terus menerus menekan pertahanan Everton. Namun tak ada gol yang tercipta lagi di babak pertama. Skor 1-1 membawa kedua tim biru itu ke jeda pertandingan.

Jual beli serangan langsung tersaji di babak kedua, Everton memulai serangan lebih dulu lewat Barkley. Sementara City sempat membalas lewat Sergio Aguero di awal babak kedua. Tetapi tak ada gol yang tercipta di awal paruh kedua itu.

Barulah pada menit ke-70 City mencetak gol. Berawal dari serangan di sisi kiri lewat Raheem Sterling. Umpan tariknya ke kotak penalti mampu disambut dengan baik oleh Kevin De Bruyne yang baru saja masuk empat menit di laga tersebut menggantikan Yaya Toure. Skor berubah 2-1 untuk City dan agregat menjadi 3-3.

City akhirnya mampu unggul agregat 4-3 setelah pada menit ke-76, Aguero menjebol jala Robles lewat tandukannya meneruskan crossing De Bruyne. City kini memimpin 3-1.

Gol Aguero tersebut ternyata adalah gol terakhir di semifinal leg kedua piala liga. Dan City pun berhasil melangkah ke Final untuk menghadapi Liverpool yang lebih dulu lolos dengan susah payah setelah taklukkan Stoke City lewat drama adu penalti. Final akan digelar pada 28 Februari 2016 di Wembley.

Susunan Pemain

Man City: Caballero; Zabaleta, Otamendi, Demichelis, Clichy; Fernandinho, Delph (Jesus Navas 46'); Silva (Fernando 80'), Toure (De Bruyne 66'), Sterling; Aguero.

Everton: Robles; Stones (Coleman 77'), Jagielka, Funes Mori, Baines; Cleverley, Barry; Deulofeu (Kone 60'), Barkley, Osman (McCarthy 60'); Lukaku.