Selain  , Ternyata       Kesehatan!
Beautynesia.id

6 weeks ago

Selain , Ternyata Kesehatan!

Apa itu Beras Shirataki?

Beras shirataki merupakan beras yang terbuat dari konnyaku ( konjac ) yang mengandung 0 kalori, 0 karbohidrat bersih, dan 3 gram serat per porsi. Beras shirataki memiliki kalori yang rendah, hal inilah yang membuat beras ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, Ladies .

Selain itu, beras shirataki juga bebas mengandung kedelai dan gluten sehingga bisa dikonsumsi oleh kamu yang memiliki riwayat alergi dengan kedelai ataupun gluten. Rasa dari beras shirataki sebenarnya sama dengan beras biasa, hanya saja tekstur beras ini lebih transparan. Sebelum dikenal sebagai beras, shirataki lebih dulu dikenal dalam bentuk mi dengan nama mi sukiyaki.

Manfaat Beras Shirataki bagi Kesehatan

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, ternyata beras shirataki juga memiliki manfaat baik lainnya untuk kesehatan, Ladies. Berikut manfaat-manfaat lain dari beras shirataki untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Usus

Beras shirataki mengandung serat yang bernama glucomannan, yakni jenis serat larut yang dapat menyerap air untuk membentuk gel . Serat larut inilah yang berfungsi sebagai prebiotik yang akan membantu memelihara bakteri di usus besar. Dimana, bakteri ini akan memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat melawan peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

ADVERTISEMENT

2. Mengatasi Sembelit

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah buang air besar, beras shirataki bisa kamu pilih untuk mengganti beras biasa, Ladies.

Seperti yang diketahui, adanya kandungan glucomannan pada beras shirataki berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

3. Mengurangi Kadar Gula Darah

Adanya kandungan serat glucomannan tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan usus lho, Ladies. Serat glucomannan juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes dan resistensi insulin.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang memiliki riwayat diabetes tipe 2 dan menggunakan glucomannan selama tiga minggu memiliki pengurangan fruktosamin yang signifikan. Dimana, fruktosamin ini merupakan penanda kadar gula rendah.

4. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa glucomannan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, Ladies. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa glucomannan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sampai 16 mg/dL dan trigliserida hingga 11 mg/dL. Nah, mengganti nasi biasa dengan nasi shirataki merupakan langkah awal yang baik untuk menurunkan kolesterol.