5 Gejala Kanker Serviks yang Sering Diabaikan
Beautynesia.id

6 weeks ago

5 Gejala Kanker Serviks yang Sering Diabaikan

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim yang bisa berkembang dan menyebar terus tanpa terkendali. Gejala kanker serviks ini baru muncul saat kanker mulai menyebar, hal ini dikarenakan pada tahap awal kanker serviks tidak menujukkan gejala-gejalanya. Karena itu, masih banyak wanita yang belum mengetahui gejala-gejala kanker serviks.

Namun, untuk mengetahui gejala dari kanker serviks sendiri bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, gejala kanker serviks ini hampir sama dengan kondisi gangguan vagina pada umumnya. Membuat banyak wanita menganggap gejala tersebut bukanlah suatu hal yang harus segera ditangani. Mereka juga terkadang mengabaikan gejala tersebut. Berikut ini lima gejala kanker serviks yang sering diabaikan wanita.

Sering Nyeri pada Bagian Bawah Perut

Rasa nyeri pada perut bagian bawah memang kerap dialami wanita, apalagi sudah mendekti waktu menstruasi. Tetapi rasa nyeri seperti ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Jika rasa nyeri berkelanjutan usai menstruasi, berarti sedang terjadi gangguan pada bagian dalam vagina. Nyeri di bagian perut biasanya dikarenakan mioma, kanker serviks hingga kista. Jika sering timbul rasa nyeri atau sakit pada perut secara terus-terusan, lebih baik segera periksakan ke dokter.

Mengalami Keputihan yang Berlebih

Mungkin menurut sebagian besar wanita keputihan suatu hal yang wajar, tapi jika keputihan yang berlebih apakah wajar? Jawabannya adalah tidak, apalagi keputihannya memiliki bau yang tidak sedap. Karena hal ini bisa merupakan gejala dari kanker serviks, lebih baik periksa dengan segera!

ADVERTISEMENT

Muncul Kutil Kelamin

Bagi wanita yang memiliki kutil pada vaginanya, itu pertanda penyakit tertentu yang salah satunya kanker serviks. Kutil kelamin ini bisa disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) yang didapatkan saat dirinya melakukan hubungan intim dengan orang yang terinfeksi.

Pendarahan yang Abnormal

Tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur dan itu merupakan hal yang normal bagi wanita. Tetapi jika mengeluarkan darah yang semakin deras saat menstruasi di setiap bulannya, sepertinya itu suatu hal yang enggak boleh diabaikan. Karena jika terjadi pendarahan yang abnormal, kemungkinan itu gejala dari kanker serviks ataupun ovarium.

Sering Merasakan Nyeri saat Berhubungan Intim

Jika kamu sering merasakan nyeri saat melakukan hubungan intim, itu merupakan gejala dari kanker serviks. Rasa nyeri itu memang bisa diatasi dengan menambahkan pelumas, tetapi pada orang yang terkena kanker serviks, pelumas tidak dapat membantu dan kamu akan tetap merasakan nyeri.