Beragam Penyakit Kelamin yang Menyerang Wanita
Beautynesia.id

5 weeks ago

Beragam Penyakit Kelamin yang Menyerang Wanita

Gejala awal dari penyakit kelamin pada wanita, saat mereka mengalami keputihan yang berlebihan, terasa gatal, nyeri dan kemerahan pada area kewanitaannya. Pada umumnya penyakit kelamin ini disebabkan karena tidak menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Selain itu, penyebab wanita terkena penyakit kelamin karena tertular lewat hubungan badan.

Hal tersebut dikarenakan parasit, bakteri dan jamur bersarang pada area kewanitaan dan menimbulkan penyakit kelamin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis penyakit kelamin yang menyerang wanita.

Kista Bartholin dan Bartholinitis

Kista bartholin merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar bartholin yang terletak di dekat lubang vagina. Fungsi kelenjar bartholin sendiri untuk mengeluarkan cairan pelumas alami vagina ketika berhubungan intim. Tetapi jika kelenjar bartholin itu tersumbat, cairan vagina akan menumpuk dan menimbulkan pembengkakan.

Penyakit ini akan ditandai dengan munculnya benjolan di dekat lubang vagina yang akan menyebabkan infeksi dan peradangan pada kelenjar bartholin. Saat sudah terinfeksi dan meradang, akan muncul gejala bagian vagina tidak nyaman saat berjalan dan duduk, demam, keluar nanah dari benjolan di vagina.

Salpingitis

Penyakit kelamin yang satu ini berupa peradangan pada saluran tuba, dimana penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan yang permanen pada saluran tuba. Hal tersebut dapat menurunkan tingkat kesuburan pada wanita. Kasus seperti ini biasanya disebabkan infeksi bakteri karena perilaku seks berisiko.

ADVERTISEMENT

Gejala yang akan muncul adalah pusing, mual dan muntah, demam, perut atau punggung bagian bawah terasa nyeri, sering buang air kecil, terasa nyeri saat menstruasi dan keluar cairan berwarna dari vagina yang disertai bau.

Klamidia

Penyakit kelamin ini dua kali lipat lebih banyak dialami oleh wanita daripada pria. Tidak memiliki gejala awal, Klamidia ini akan timbul gejalanya setelah beberapa minggu terinfeksi pertama kali. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri (chlamydia trachomatis) dan dapat ditularkan melalui hubungan intim.

Meskipun tidak memiliki gejala awal, tetapi kamu perlu mengetahui ciri-ciri dari klamidia yaitu keluar cairan melalui vagina serta terjadi pendarahan yang berat saat menstruasi. Hal yang lebih parah, klamidia juga bisa ditularkan lewat ibu ke bayinya yang baru lahir.

Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim yang bisa berkembang dan menyebar terus tanpa terkendali. Penyakit kelamin ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar bagi kaum wanita. Kanker serviks disebabkan virus HPV yang sudah berkembang selama 10-20 tahun belakangan ini. Gejala kanker serviks ini baru muncul saat kanker mulai menyebar, hal ini dikarenakan pada tahap awal kanker serviks tidak menujukkan gejala-gejalanya.

Tetapi pada umumnya bagi pengidap kanker serviks mengalami rasa sakit saat buang air kecil, saat menstruasi darah keluar dalam volume yang sangat banyak, keputihan berlebihan dan sakit saat berhubungan intim.