3 Kunci Jalani Pernikahan Bahagia Menurut Penelitian
Bintang.com

5 weeks ago

3 Kunci Jalani Pernikahan Bahagia Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Bukan suatu hal yang mudah membangun pernikahan yang bahagia. Mungkin orang sudah bosan mendapat wejangan dari sana sini bagaimana cara membangun pernikahan bahagia dan bagaimana menjadi pasangan yang baik. Namun sebenarnya pernikahan bahagia hanya perlu kunci sederhana, seperti sekian hal berikut ini.

1. Komunikasi

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa komunikasi yang baik dibutuhkan dalam setiap prnikahan jika ingin pernikahan itu langgeng dan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Karena pasangan suami-istri akan hidup berdua dan bersama, mereka harus bisa mengatakan kepentingan masing-masing, bisa saling jujur, saling mendengarkan dan beprikiran terbuka untuk menemukan jalan tengah.

2. Menyamakan pemikirkan

ilustrasi pernikahan bahagia/Photo by Hiển Nguyễn from Pexels
ADVERTISEMENT

Pasangan suami-istri harus bisa menyamakan visi misinya dalam membangun rumah tangga. Akan sangat sulit menjalani pernikahan jika tidak memiliki tujuan yang sama. Inilah pentingnya mengenal satu sama lain dalam waktu yang lama sebelum menikah. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa memiliki pemikiran dan kepribadian yang mirip mampu menjamin pernikahan bahagia.

3. Saling mengisi

Ada banyak makna 'saling mengisi', bukan hanya mengisi kekurangan satu sama lain tapi juga mengisi kebutuhan fisik dan emosional. Pasangan harus bisa saling memahami. Bahkan berbagi tugas rumah juga bisa dikategorikan saling mengisi, tidak hanya membebankan pada satu pihak. Meluangkan waktu bersama, namun juga mengisi waktu secara individual.

Membangun pernikahan bahagia memang penuh tantangan, namun bukan berarti susah diwujudkan. Jika bisa memiliki ketiga kunci di atas, pernikahan mana pun akan mampu bertahan diterjang badai.

#ChangeMaker with FIMELA