Tekuk Semen Padang 2-1, Mitra Kukar Juara Piala Jenderal Sudirman
bola.com

4 years ago

Tekuk Semen Padang 2-1, Mitra Kukar Juara Piala Jenderal Sudirman

Mitra Kukar meraih juara Piala Jenderal Sudirman setelah mengalahkan Semen Padang pada partai final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (24/1/2016) malam WIB. Gol kemenangan Tim Naga Mekes dicetak oleh Rizky Pellu (72') dan Yogi Rahadian (90').

Sejak menit awal babak pertama, Semen Padang menguasai jalannya pertandingan dengan perbandingan penguasaan bola 55:45 persen. Meski tampil dalam kondisi tidak menguntungkan karena lapangan SUGBK tergenang air akibat hujan deras, serangan Semen Padang lebih tertata. Semen Padang unggul lebih dulu pada babak pertama melalui gol sundulan Adi Nugroho pada menit 32.

Baca Juga

Aremania Temani Suporter Semen Padang dan Mitra Kukar di SUGBK

Lebih Dekat: Jandia Eka Putra, Si Gondrong Jago Adu Penalti

Kisah Fauzan, Menempuh 803 Kilometer demi Jual Jersey di Senayan

Sektor sayap menjadi keunggulan tim asuhan Nilmaizar, dengan mengandalkan Adi Nugroho di sisi kanan dan Irsyad Maulana di kiri. Semen Padang juga unggul di lapangan tengah. Deretan gelandang gaek macam Yu Hyun-koo menjadi kekuatan yang sulit dikalahkan pemain tengah Mitra Kukar yang dimotori Rizky Pellu dan Hendra Ridwan.

Babak kedua, serangan Semen Padang meredup. Faktor fisik menjadi kelemahan Kabau Sirah di babak kedua, karena mereka menghabiskan energi pada babak pertama dengan memainkan umpan-umpan pendek, meski kondisi lapangan tidak menguntungkan. Sementara, Mitra Kukar justru tampil gemilang di babak kedua.

Sepanjang babak kedua, tim Naga Mekes menguasai jalannya pertandingan dengan perbandingan penguasaan bola 57:43 persen. Mitra Kukar akhirnya memecah kebuntuan setelah Rizky Pellu menciptakan gol pada menit 72. Menjelang akhir pertandingan, giliran pemain muda Yogi Rahadian melakukan aksi individu dari sisi kanan sektor serang Mitra Kukar.

Yogi mengecoh pemain belakang Semen Padang dan melepaskan tendangan dari sisi kiri gawang Jandia Eka Putra. Skor 2-1 untuk kemenangan Mitra Kukar bertahan hingga laga final usai.

Kemenangan Mitra Kukar cukup dramatis mengingat mereka tidak diunggulkan dalam turnamen ini. Sebelumnya, kedua tim telah bertemu di babak penyisihan grup dan 8 besar, dengan rekor pertemuan imbang 1-1.

Susunan Pemain:

Semen Padang (4-4-2)

Jandia Eka Putra; Hengki Ardiles, Mahamadou Alhadji, Handi R., Novan Setya; Adi Nugroho, Yu Hyun-koo, Vendry Mofu, M. Alwi (6-Irsyad Maulana); Nur Iskandar, James Koko Lomell.

Pelatih: Nilmaizar

Mitra Kukar (4-2-3-1)

Shahar Ginanjar; Zulkifli Syukur, Arthur Cunha, Yanto Basna, Syahrizal; Hendra Ridwan, Rizky Pellu; David Maulana, Syakir Sulaiman, Defri Rizky; Patric Cruz.

Pelatih: Jafri Sastra