Suka Pantai? Berikut Panduan Jelajahi Pulau dari Penang ke Langkawi
kurio.co.id

2 weeks ago

Suka Pantai? Berikut Panduan Jelajahi Pulau dari Penang ke Langkawi

Pulau Langkawi mungkin masih terdengar asing di telinga. Padahal untuk kamu yang suka pantai, Langkawi bisa jadi pilihan untuk menikmati keindahan laut Malaysia. Bisa dibilang Langkawi ini seperti ‘Pulau Seribu’-nya Malaysia.

Namun di sini, hanya terdapat 99 gugusan pulau yang menjadi destinasi wisata andalan Negeri Jiran. Pada Juni 2007 lalu, Langkawi diberi status Geopark Warisan Dunia oleh UNESCO karena pemandangan alam termasuk gua, tumpukan, lengkungan laut, batuan kapur dan fosil berumur jutaan tahun.

Kalau kamu suka banget dengan pulau, island hop dari Penang ke Langkawi bisa kamu coba, nih, saat berkunjung ke Malaysia. Penasaran? Let’s check it out!

Pulau Beras Basah

Yang unik, Indonesia juga memiliki Pulau Beras Basah yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Nah, jika kamu menginginkan pulau yang sepi yang masih belum banyak aktivitas manusia, Pulau Beras Basah bisa jadi pilihanmu.

Pulau ini biasanya digunakan untuk berlabuh sementara sebelum mengunjungi pulau lainnya. Mempunyai pasir pantai yang putih lembut ditambah dengan air laut yang biru jernih, tempat ini cocok untuk snorkeling dan juga berenang. Jet ski dan parasailing juga bisa dilakukan di pulau ini.

Jika ingin bersantai di sini kamu juga bisa melakukannya. Hal yang paling menarik adalah gerombolan lumba-lumba yang kadang muncul ke permukaan (kalau beruntung, kamu bisa melihatnya, lho!).

Pulau Singa Besar

sumber: www.livingnomads.com

Salah satu pulau menarik yang bisa kamu kunjungi dan letaknya masih berada di sekitar Kepulauan Langkawi ialah Pulau Singa Besar. Tenang, kamu nggak akan bertemu singa di sini. Dinamakan ‘singa besar’ karena legenda masyarakat yang percaya jika pulau ini menjadi tempat tinggal seekor singa raksasa yang bertugas menjaga pulau ini.

Pulau Singa Besar sendiri terletak diantara dua pulau yang menghimpit yaitu Pulau Beras Basah dan Pulau Dayang Bunting.

Kalau biasanya kamu cuma pernah menonton elang di film documentary, di Pulau Singa Besar kamu bisa melihat elang secara langsung dan memberi makan juga.

Meskipun elang di Pulau Singa Besar sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, kamu harus tetap berhati-hati.

Pulau Dayang Bunting

Ini yang sedikit berbeda. Kalau pulau-pulau yang lain langsung menyambung dengan laut lepas, berbeda dengan Pulau Dayang Bunting. Di sini kamu bisa merasakan sensasi berenang di danau air tawar yang luasnya tiga kali lapangan sepak bola.

Air di danau ini amat jernih kehijauan jika dilihat dari udara. Air yang tenang pun seolah-olah mengajak wisatawan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Di tepian Pulau Dayang Bunting terdapat sebuah dermaga kayu.

Banyak sekali perempuan yang berenang di danau ini. Kenapa? Menurut mitos, perempuan yang datang dan berenang di Pulau Dayang Bunting, akan memiliki rahim yang subur.

Biar bisa menikmati indahnya pemandangan pulau-pulau cantik di Langkawi, ada baiknya kamu menggunakan kapal feri, speed boat, atau yacht. Saat menempuh jalur air, kamu akan menempuh pelayaran dengan jarak sekitar 117 km. Perjalanan menjelajahi Langkawi dengan kapal ferry reguler cukup murah.

Kamu hanya tinggal merogoh kocek sebesar 60 ringgit (202 ribu rupiah) untuk dewasa dan 25 ringgit (84 ribu rupiah) untuk anak-anak. Enaknya naik kapal dari Penang, cukup dengan waktu 30 menit kamu sudah bisa sampai di Pulau Langkawi.

Jelajahi pulau-pulau eksotik di Malaysia sekarang bukan lagi impian! Wujudkan mimpimu terbang Jakarta-Penang dengan AirAsia! Nikmati penerbangan Jakarta-Penang mulai dari harga 749 ribu rupiah. Liburan ke Penang budget tenang? Kunjungi www.airasia.com dan jelajahi pulau-pulau Langkawi bersama orang-orang tercinta!