Kuliner Penang di Bawah 50 Ribuan yang Wajib Dicoba
kurio.co.id

2 weeks ago

Kuliner Penang di Bawah 50 Ribuan yang Wajib Dicoba

Siapa yang nggak lapar saat membayangkan traveling ke Penang? Yap, negara bagian Semenanjung Malaysia ini menyimpan banyak keragaman kuliner. Sebenarnya taste lidah orang Malaysia dan Indonesia hampir mirip.

Bahkan ada kuliner yang diadaptasi dari Indonesia juga, lho. Saat traveling, konsumsi juga jadi bahan pertimbangan untuk menentukan budget traveling. Supaya tak asal, kami memberi anjuran jajanan di bawah 50 ribuan yang bisa kamu nikmati. Yuk, disimak!

Es Chendul

“Lho, kelihatan seperti cendol yang ku kenal.”

Pasti itu yang ada di benakmu saat mendengar kuliner ini. Yap, orang Malaysia pun mengakui kalau chendul yang dijual di Penang diadaptasi dari kuliner Indonesia-Jawa yang berarti cendol. Untuk isi dan rasa chendul sendiri hampir mirip dengan yang di Indonesia.

Yang jadi pembeda, cendhul Penang tidak menggunakan irisan buah nangka. Tetapi diganti kacang merah. Rasa es chendulnya tidak begitu manis jika dibandingkan dengan es cendol Indonesia. Poin plusnya, chendul nggak bikin eneg .

Di Jalan Penang terdapat Penang Road Famous Teochew Chendul yang usut punya usut mereka adalah pioneer es cendol di Penang. Kalau ke sini mesti antri, karena ramainya bukan main. Kamu cukup mengeluarkan kocek sekitar 3 sampai 5 ringgit atau 10 ribu hingga 16 ribu rupiah. Di sini juga terdapat banyak varian es chendul.

Asam Laksa

Bisa jadi kuliner satu ini mirip dengan Laksa, kuliner khas Tangerang. Rasa asam dan pedas jadi sensasi komplit untuk mengisi perut di siang hari. Meskipun berkuah kental, asam laksa Penang tidak menggunakan santan.

Kalau laksa Tangerang pakai mie putih, di Penang asam laksa menggunakan mie kuning. Ditambah laksa khas Tangerang disajikan dengan piring, asal laksa dihidangkan dengan mangkuk. Jadi kelihatan seperti mie berkuah. Untuk menikmati sensasi asam pedas makanan ini, kamu cukup merogoh kocek antara 6 sampai 9 ringgit atau sekitar 19 ribu sampai 25 ribu rupiah.

Nasi Lemak

Traveling ke Penang atau Malaysia, rasanya nggak pas jika tak mencicipi sarapan favoritnya Upin-Ipin ini. Banyak yang beranggapan nasi uduk dan nasi lemak itu sama. Namun rasanya kurang pas. Meskipun sama-sama diolah dengan santan, nasi uduk dan nasi lemak dua hal yang serupa namun tak sama.

Yang menjadi pembeda adalah nasi lemak menggunakan bumbu rendang sapi atau ayam, kemudian taburan kacang tanah yang memberi sensasi ‘kriuk’ di setiap gigitan nasi lemak. Harga seporsi nasi lemak berkisar antara 5 sampai 10 ringgit atau 16 ribu hingga 30 ribu rupiah.

Sirap Bandung

Iya, kamu nggak salah denger. Kedengarannya, sih, aneh. Padahal di Bandung Jawa Barat, nggak ada minuman yang pakai nama Bandung. Menurut budaya Penang, kata ‘bandung’ berarti berpasangan.

Minuman sirup pandan yang dicampur dengan susu kental manis benar-benar dapat menjadi penyegar di panas Penang saat siang hari. Harganya mulai dari 1 hingga 2 ringgit atau sekitar 3500 sampai 6500 rupiah.

Lok-lok

Makan ala steamboat tapi jualnya di pinggir jalan? Di Penang kamu akan menemukan pedagang yang menjual kuliner yang ditusuk seperti sate. Tapi cara makannya nggak seperti sate, lho. Kamu bisa pilih pengen sate apa aja, kemudian dilepas dan direbus.

Air rebusannya hanya untuk merebus lok-lok yang kamu pilih. Tidak bisa dimakan seperti kuah. Harga lok-lok berkisar antara 1 hingga 2 ringgit atau 3500 sampai 6500 rupiah per tusuk.

Itu tadi panduan jajan murah di Penang yang bisa kamu santap. Biar bisa hedon kuliner di Penang, terbang direct aja pakai AirAsia aja! Nikmati penerbangan Jakarta-Penang mulai dari harga 749 ribu rupiah. Cus, buka www.airasia.com dan liburan ke Penang sekarang juga!