Seharian di Penang, Mau Ngapain? Berikut Panduannya!
kurio.co.id

2 weeks ago

Seharian di Penang, Mau Ngapain? Berikut Panduannya!

Short escape ke Penang pas weekend ? Kenapa nggak? Saat ingin traveling ke negara yang banyak spot keren tapi budayanya nggak jauh dari Indonesia, Malaysia bisa jadi pilihan tepat. Apalagi kalau punya waktu cuti yang singkat.

Ngomongin soal Malaysia, di Negeri Jiran ini nggak cuma ada kereta gantung di Resort World Genting atau Petronas Twin Tower yang tinggi banget itu! Bosan dengan suasana Kuala Lumpur yang ‘sebelas dua belas’ sama Jakarta, Penang bisa jadi destinasi traveling.

Daerah yang terletak di Semenanjung Malaysia ini punya banyak spot kece dan segudang kuliner nikmat. Bingung ngabisin 24 jam di Penang mesti ke mana aja, ini petunjuknya.

Menginap di Georgetown

Georgetown adalah ibu kota negara bagian Penang. Biar strategis, kamu bisa menginap di sana. Selebihnya, kamu yang harus pintar-pintar memilih hotel atau jenis penginapan lainnya.

Di Georgetown harga penginapan biasanya berkisar dari 200 ribu sampai 500-an ribu per malam. Kamu bisa menginap di hotel atau guesthouse kalau traveling ramai-ramai.

Sarapan Roti Canai atau Dimsum

Bisa dibilang kuliner di Malaysia sedikit banyak ter- influence dari India. Contohnya, roti canai yang terletak di Jalan Transfer 56, Georgetown. Kalau menginap sekitar Georgetown, cuma butuh waktu 10-15 menit jalan kaki untuk sampai ke Transfer Road. Di sini, roti canai disajikan dengan kuah kari daging, ayam, atau ikan.

Kalau roti canai terasa belum membuatmu kenyang, kamu bisa lanjut sarapan di Tai Tong Restaurant. Masih terletak di Jalan Transfer, kamu bisa menikmati dim sum di sini. Dim sum di Tai Tong punya banyak pilihan. Mulai dari yang direbus sampai yang digoreng. Kalau tempatnya ramai, kamu nggak perlu khawatir. Soalnya pelayan di sini ngebut-ngebut, kok.

Oh ya, jangan sampai kesiangan, ya! Pastikan kamu berkunjung pukul 06.00-07.00 waktu setempat, biar nggak kehabisan.

Menikmati Keindahan Kek Lo Si Temple

Setelah perut terisi, saatnya menikmati keindahan Kek Lo Si yang ada di Tingkat Lembah Ria 1, Ayer Itam. Sambil menikmati arsitektur kuil dengan berbagai ornamen abad 19 dan sejarahnya, kamu juga bisa mempelajari kekayaan sejarah dan budaya.

Kuil ini juga satu dari sekian kuil yang terbesar di Asia Tenggara. Tiket masuk untuk ke tempat ini cuma 2 ringgit atau 7000 ribu rupiah. Cuma butuh perjalanan sekitar 30 menit dari Georgetown.

Menikmati Udara Sejuk di The Habitat Penang Hill

Pengen konten media sosialmu penuh dengan foto-foto alam? Berarti wajib ke The Habitat Penang Hill, sob! Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan mobil dari kuil Kek Lo Si.

Udara di The Habitat Penang Hill terbilang asri karena banyak sekali pepohonan. Di sini kamu juga bisa melihat panorama Penang dari ketinggian. Gimana?

Entopia by Penang Butterfly Farm

Selain terkenal karena kuliner, Penang juga terkenal dengan peternakan kupu-kupu yang hits banget di Malaysia, nih. Coba main ke Entopia by Penang Butterfly Farm, nih. Taman bunga dan kupu-kupu yang sudah ada sejak 1980-an ini, sudah mengalami renovasi dan perluasan pada 2016 lalu. Sejak itu taman kupu-kupu ini berganti nama menjadi Entopia.

Di sini kamu bisa melihat lebih dari 15.000 kupu-kupu hidup dan berkembang biak bersama bunga-bunga dan hewan reptil lainnya. Entopia juga termasuk peternakan kupu-kupu terbesar di Malaysia.

Untuk sampai ke sini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan mobil dari The Habitat Penang Hill. Kamu harus mengeluarkan uang sekitar 130 ribu rupiah untuk bisa menikmati keindahan alam di tempat ini.

Main Air di Batu Ferringhi

Puas menikmati suasana perkebunan dan sejuknya bukit Habitat Penang, saatnya lari ke pantai! Sebelum kembali ke Georgetown, ada baiknya kamu menikmati pemandangan laut lepas di Batu Ferringhi.

Duduk sambil menikmati kelapa muda di tempat ini rasanya jadi momen yang pas untuk beristirahat sejenak setelah perjalanan. Dari peternakan kupu-kupu Etopia, cuma butuh 10 menit menggunakan mobil untuk sampai di pantai ini.

Nongkrong di Awesome Canteen Sekeping Victoria

sekepingvictoria.com

Capek (tapi happy) jalan-jalan, saatnya mengisi perut dengan makan. Nama daerahnya romantis abis. ‘Sekeping’ Victoria! Jika ada hal yang membuatmu jatuh cinta sampai nggak pengen bangun lagi, mungkin itu yang kamu rasakan saat berkunjung ke sini.

Tempatnya lovable banget! Yap, Sekeping Victoria terletak di di Lebuh Victoria Kawasan World Heritage Georgetown, Penang. Cafe ini terletak di sebuah gedung tua yang mungkin sudah bertahun lalu hidup dalam sejarah. Dinding-dinding yang terkelupas justru menambah kesan artsy begitu duduk di tempat ini.

sekepingvictoria.com

Berbagai menu makan dan kopi jelas tersedia di tempat ini. Oh ya, di cafe ini juga ada menu buat vegetarian. Buat kamu yang vegan nggak usah khawatir, ya! Dari pantai Batu Ferringhi, kamu perlu waktu sekitar 45 menit untuk makan atau sekadar ngopi cantik di Sekeping Victoria.

Menikmati panorama laut Tan Jetty

Menjelang sore, saatnya menikmati pemandangan laut lepas di Tan Jetty. Fyi, daerah ini adalah kampung tepi laut yang ada di Penang. Dari cafe kece Sekeping Victoria, kamu hanya tinggal jalan kaki 5 menit untuk sampai di spot instagramable ini. Foto #ootd atau menikmati sunset di sini asyik kali, ya?

Penang Esplanade

Penang Esplanade adalah spot yang bisa kamu kunjungi kapan aja, tapi lebih asyik saat malam hari. Spot yang juga memiliki julukan Padang Kota Lama ini terletak di sekitar Pelabuhan Penang. Cuma butuh waktu 5 menit jalan kaki dari pesisir Tan Jetty. Esplanade juga tempat wisata ramah keluarga yang cocok dikunjungi bareng teman, anak-anak, hingga orang tua.

Berburu kuliner di Gurney Drive

Ke Penang tanpa menikmati suasana malamnya rasanya tak lengkap. Berburu kuliner sambil bercengkrama setelah seharian melalang buana nampaknya jadi penutup hari yang pas. Kamu bisa pergi ke Gurney Drive yang menjual kekayaan kuliner Penang.

Hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai ke Gurney Drive dan menjawab rasa penasaranmu mengenai jajanan malam di Penang. Mulai dari rojak pasembur, laksa, chendul, Gurney Drive jadi spot jajanan serba ada sebagai pengantar tidur agar lebih nyenyak.

Itu tadi guidance yang bisa kamu perhatikan saat ingin berkunjung ke Penang. Buat meminimalisir budget biar bisa happy-happy, terbang direct aja pakai AirAsia! Nikmati penerbangan Jakarta-Penang mulai dari harga 749 ribu rupiah. Kunjungi www.airasia.com dan liburan ke Penang sekarang juga!