Pasca Bom Sarinah, Promosi Pariwisata RI Dihentikan Sementara | Destinasi
Beritasatu.com

4 years ago

Pasca Bom Sarinah, Promosi Pariwisata RI Dihentikan Sementara | Destinasi

Jakarta ?" Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memutuskan untuk menghentikan promosi pariwisata di seluruh dunia pasca insiden peledakan bom di Sarinah, Kamis (14/1) siang. Penghentian ini dilakukan hingga situasi kembali normal.

"Hari ini, seluruh iklan dan promosi pariwisata di seluruh dunia, kami hentikan dulu. Besok pagi akan kami lihat, kalau sudah normal, kami akan buka lagi promosi Wonderful Indonesia di mana-mana," kata Menpar, Kamis (14/1) di Ruang Crisis Center, Gedung Sapta Pesona, Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Menpar mengaku sangat terpukul dan prihatin atas insiden Sarinah tersebut. Insiden ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pariwisata nasional. Terlebih, lokasi peledakan bom ada di Jakarta, dimana sekitar 30% wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mendarat di Soekarno Hatta.

Menpar berharap, peristiwa Thamrin ini cukup sampai di sini saja, dan segera tuntas.

Dalam kesempatan tersebut, Menpar juga mengapresiasi kinerja polisi yang cepat mengambil tindakan dan menangkap pelaku-pelakunya. Hanya dalam 5 jam, dari pukul 11.00 sampai 16.00 suasana sudah kembali aman terkendali.

"Kejadian seperti ini bisa terjadi dimana saja, yang terpenting adalah kita bisa menangani dengan cepat dan baik," kata Menpar.

Menpar mencontohkan, bom di Bangkok, Thailand, yang proses penangannya sampai 11 hari, dari 17-28 September 2016. Kepolisian RI jauh lebih cepat, hanya 5 jam. "Bom Bangkok itu jauh lebih seram dibandingkan peristiwa di Thamrin itu, tetapi Thailand cepat recovery. Karena itu, kami optimis, kejadian ini akan cepat normal kembali," ungkap dia.

Eva Fitriani/EVA

Investor Daily