Kantor Berita Ini Klaim Serangan Bom Sarinah Didalangi oleh ISIS
Suara.com

4 years ago

Kantor Berita Ini Klaim Serangan Bom Sarinah Didalangi oleh ISIS

Suara.com - Klaim mengejutkan datang dari sebuah kantor berita yang mengklaim berafiliasi dengan ISIS, Aamaaq. Kantor berita tersebut, lewat kanal Telegramnya, mengklaim bahwa serangan bom di Sarinah, Jakarta, dilakukan oleh militan ISIS.

"Tentara Islamic State (ISIS) melakukan serangan bersenjata pagi ini menargetkan warga negara asing dan pasukan keamanan yang dianggap melindungi mereka di ibu kota Indonesia," lansiran kantor berita Aamaaq sebagaimana dikutip oleh Reuters.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak kepolisian Indonesia maupun Badan Intelijen Negara (BIN) soal kebenaran klaim tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso, seperti dilansir Antara, mengatakan, butuh waktu untuk mengidentifikasi pelaku teror di kawasan Jalan Thamrin Jakarta, Kamis (14/1/2016).

"Terhadap kejadian seperti ini kita perlu waktu untuk mengivestigasinya, siapa, dari kelompok mana," kata Sutiyoso di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sutiyoso mengaku sudah mendatangi lokasi kejadian.

"Tadi saya mendampingi Wakapolri di lokasi kejadian memberikan statemen," katanya.

Ia menyebutkan semua negara punya potensi untuk diserang tororis karena serangan itu tidak mengenal ruang dan waktu.

"Tentu saja ini akan diskusikan dengan aparat lain, kepolisian, TNI, dan lainnya," katanya.

Sutiyoso menyebutkan terkait identitas pelaku, pihak kepolisian lebih megetahui. "Yang lebih tahu polisi, semua akan diotopsi mereka," katanya.