Maret, seluruh penerbangan di Adisutjipto pindah ke YIA
Lokadata.id

19 weeks ago

Maret, seluruh penerbangan di Adisutjipto pindah ke YIA

PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan seluruh rute penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, akan dialihkan ke Yogyakarta International Airport atau YIA di Kulon Progo per 29 Maret 2020.

“Rencana mulai 29 Maret 2020 (akan dipindah semua rute),” kata Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi dilansir dari Kumparan , Selasa (13/1/2020).

Sebanyak 150 penerbangan domestik dan delapan penerbangan internasional akan dipindah secara serentak pada 29 Maret mendatang. Seluruhnya merupakan penerbangan dengan armada pesawat jet tipe Boeing 737 dan Airbus A320.

Sementara itu, meski hampir seluruh penerbangan dipindahkan Bandara Adisutjipto tetap akan melayani penerbangan komersial.

Bandara ini akan tetap melayani penerbangan pesawat baling-baling (propeller). Saat ini terdapat 16 pergerakan pesawat ATR atau pesawat penumpang regional jarak pendek. Beberapa maskapai yang memiliki pesawat ATR sebagian telah mengajukan izin melayani penerbangan tambahan di Bandara Adisutjipto.

Penerbangan yang akan dilayani di antaranya rute Jogja-Halim, Jogja-Bandung, Jogja-Malang dan penerbangan lainnya di Pulau Jawa.

ADVERTISEMENT

Kereta Bandara belum beroperasi

Kendati segera beralih, penumpang yang ingin menuju ke bandara di Kulon Progo belum bisa menikmati fasilitas Kereta Bandara. Lantaran jalur Kereta Bandara yang langsung masuk ke bandara diperkirakan baru rampung Desember 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan fisik penunjang bandara YIA belum 100 persen rampung. Ia menuturkan secepatnya akan menyelesaikan pembangunan kereta bandara ini.

"Dari bangunan (YIA) pasti selesai, critical point -nya di antar modanya yang harus kita support, kalau bangunannya akan selesai," kata Budi Karya .

Namun ia memastikan pemerintah telah menyiapkan sejumlah moda. Beberapa di antaranya adalah Bus Damri, taksi, hingga kereta milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero.

PT KAI diminta menambah jadwal dan kapasitas kereta api dari stasiun di Kota Yogyakarta ke Stasiun Wojo, stasiun terdekat dari YIA. Menhub juga meminta AP I menyiapkan bus ke YIA.

Per Desember lalu, PT KAI Daop 6 telah menambah jadwal kereta dari dan menuju YIA. Sebanyak 24 perjalanan pulang pergi dalam sehari semalam dari stasiun di Yogyakarta ke Stasiun Wojo, Kulonprogo, diterapkan untuk mendukung beroperasinya YIA.