INSTALL SEKARANG
Era Bajakan Game PC Akan Segera Berakhir 2 Tahun Lagi?
gamexeon.com

4 years ago

Era Bajakan Game PC Akan Segera Berakhir 2 Tahun Lagi?

Ada berita mengejutkan mengenai industri video game hari ini, khususnya untuk segmen PC. Grup cracker terkenal asal China, 3DM, mengatakan bahwa dalam 2 tahun kedepan bisa jadi tidak akan ada game bajakan (atau piracy) lagi. Wah, kenapa bisa begitu ya?

Dilansir dari Torrentfreak, ternyata pernyataan ini berasal dari rasa frustasi yang dialami oleh tim 3DM dalam setahun belakangan ini. Ada beberapa game yang rilis akhir tahun lalu sampai saat ini belum dapat dibajak (atau dibuat cracknya) oleh mereka.

Hal ini disebabkan oleh sebuah metode keamanan baru yang bernama Denuvo. Game pertama yang memakai Denuvo, Dragon Age: Origins, memang berhasil ditembus oleh 3DM, tapi hal ini membutuhkan waktu sampai satu bulan (yang menurut cracking scene, sebuah waktu yang sangat lama). Lalu dilanjutkan dengan FIFA 16 dan Just Cause 3, yang hingga saat ini belum dapat dibajak oleh 3DM.

Bahkan pendiri forum 3DM, Bird Sister mengatakan "Recently, many people have asked about cracks for 'Just Cause 3?, so here is a centralized answer to this question. The last stage is too difficult and Jun (cracker) nearly gave up, but last Wednesday I encouraged him to continue."

"I still believe that this game can be compromised. But according to current trends in the development of encryption technology, in two years time I'm afraid there will be no free games to play in the world,' lanjut Bird Sister.

ADVERTISEMENT

Translasi

Baru-baru ini, banyak orang telah bertanya tentang crack untuk 'Just Cause 3', jadi ini adalah jawaban terpusat untuk pertanyaan ini. Tahap terakhir terlalu sulit dan Jun (cracker) hampir menyerah, tapi hari Rabu lalu aku menyemangati dia untuk melanjutkan.

Saya masih percaya bahwa game ini bisa dikompromikan. Tetapi menurut tren saat ini dalam pengembangan teknologi enkripsi, dalam waktu dua tahun aku takut tidak akan ada game gratis untuk bermain di dunia

Click to expand...

Untuk yang belum tahu, Denuvo merupakan sebuah metode keamanan digital baru dengan model "anti-tamper" dan bukan merupakan DRM. Denuvo ini compatible dengan Steam dan Origin. Beberapa game yang menggunakan Denuvo adalah Dragon Age: Origins, FIFA 16, Just Cause 3, Arkham Knight, Mad Max danMetal Gear Solid V. Game terakhir yang rilis menggunakan Denuvo adalah Rise of the Tomb Raider.

Wah, apakah ini sebuah berita buruk, atau malah berita baik ya?

Kotaku | Torrentfreak