INSTALL SEKARANG
Mulai Awal Tahun 2016, Bayar Pajak Bisa dengan Metode E-Biling
Selular.id

4 years ago

Mulai Awal Tahun 2016, Bayar Pajak Bisa dengan Metode E-Biling

Jakarta, Selular.ID ?" Mengawali awal tahun 2016 sebuah terobosan dilakukan dalam sistem pembayaran di negeri ini. Demi mempermudah para wajib pajak, kini mulai 1 Januari 2016 pembayaran pajak bisa dilakukan dengan sistem online melakui E-Billing.

Mekar Satria Utama, Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak, menerangkan, pemberlakuan sistem E-Billing merupakan wujud peningkatan layanan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bagi Wajib Pajak yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam membayar pajak.

"Manfaat lain yang diberikan sistem ini, E-Billing memungkinkan wajib pajak melakukan pembayaran kapan pun (24 jam daring) dan di mana pun," ucap Mekar dalam keterangan resminya.

ADVERTISEMENT

"Selain itu, E-Billing juga dapat menghindarkan terjadinya kesalahan transaksi seperti transaksi unmatched. Karena E-Billing dilakukan secara real time maka data langsung tercatat di sistem Ditjen Pajak," tambahnya.

Lebih jauh Mekar mengungkapkan, nantinya untuk mengakomodasi peralihan cara pembayaran pajak dari sistem manual ke sistem daring melalui E-Billing, maka bank BUMN yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Tabungan Negara serta PT Pos Indonesia masih terus melayani pembayaran pajak secara manual hanya sampai tanggal 30 Juni 2016.

Sebagai info tambahan, untuk dapat menggunakan sistem E-Billing ini, wajib pajak perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs http://sse.pajak.go.id dengan memasukkan nomor NPWP dan alamat surel.

Selanjutnya setelah terdaftar, wajib pajak tidak lagi menggunakan formulir setoran pajak melainkan mengisi data setoran pajak. Apabila data pembayaran pajak sudah dipastikan benar, wajib pajak tinggal memproses untuk mendapatkan kode billing yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran baik di Teller Bank, Pos Persepsi, ATM, atau internet banking.

URL: http://selular.id/0YI6al