Erick Thohir Bakal Bongkar BUMN yang Rakus Bisnis
Liputan6.com

5 weeks ago

Erick Thohir Bakal Bongkar BUMN yang Rakus Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, Menteri BUMN Erick Thohir akan mengusut perusahaan milik negara yang meraup lahan kerja di luar lingkup bisnis intinya.

"Kami ingin buat semua BUMN kembali ke core business masing-masing. Itu tetap mekanisme bisnis," tegas Arya di Novotel Hotel Cikini, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dia lantas memberikan contoh adanya 85 hotel yang dimiliki sejumlah perusahaan pelat merah. Namun, hotel-hotel tersebut tak semuanya menjadi bagian dari BUMN perhotelan, yakni PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau Inna Hotel Group.

Beberapa diantaranya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) Tbk dan PT PANN Multi Finance. Perusahaan tersebut merambah bisnis perhotelan guna menambal kas pemasukan.

"PT PANN punya hotel besar di Bandung. Saya tanya, apakah itu menguntungkan? Mereka bilang iya pak, itu buat bantu kami bayar gaji-gaji (karyawan)," ungkap Arya.

Tak hanya perhotelan, Arya juga menyoroti aksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang membuka rumah sakit. Lalu juga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mencomot bisnis di bidang logistik, dimana itu seharusnya dijalankan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

"Ternyata logistik buka hanya punya PT Pos. Di BUMN perkebunan ada, Pelindo dan Garuda juga. Semua ada bisnis logistik," cibir dia.

Fakta tersebut dianggapnya jadi tantangan untuk bisa mengembalikan tiap BUMN untuk dapat bergelut di core business -nya masing-masing. "Ini tantangan kita ke depan," tandasnya.

Bikin Heran Menteri Erick Thohir, Deretan BUMN Ini Miliki Bisnis Hotel

Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) rupanya memiliki bisnis perhotelan di beberapa wilayah Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, hotel-hotel tersebut berbintang 3 sampai bintang 5. Hal itu pun membuat heran Menteri BUMN Erick Thohir.

Mengetahui perusahaan BUMN memiliki bisnis perhotelan, Menteri BUMN Erick Thohir akan memperbaiki sistem bisnisnya agar kinerja bisa lebih baik lagi.

Salah satu BUMN yang memiliki bisnis hotel adalah Garuda Indonesia. PT Aero Wisata, selaku anak perusahaan PT Garuda Indonesia juga menjalankan bisnis perhotelan.

Berikut bisnis-bisnis hotel yang rupanya menjadi milik perusahaan BUMN :

Garuda Indonesia

PT Aero Wisata, selaku anak perusahaan PT Garuda Indonesia juga menjalankan bisnis perhotelan. Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi udara ini memiliki sejumlah hotel berbintang 4 sampai 5 di Jawa, Bali, dan Lombok.

Hotel-hotel tersebut antara lain Prama Grand Preanger Bandung, Asana Grove Yogyakarta, dan Asana Kawanua Jakarta.

Kemudian Asana Grand Pangrango Bogor, Prama Sanur Beach Bali, Kila Senggigi Beach Lombok, dan Asana Nevada Ketapang.

PT Angkasa Pura Airport

PT Angkasa Pura Airport juga menjalankan bisnis perhotelan di sekitar area bandara. Hotel-hotel ini dikelola oleh Angkasa Pura Hotel.

Ada tiga hotel milik PT Angkasa Pura Airport, yaitu Novotel Bali Airport, Ibis Budget Makassar Airport, dan Ibis Budget Surabaya Airport.

Pegadaian

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pinjaman ini memiliki hotel bintang 3. Hotel itu tersebar di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Hotel bernama Pesonna Hotel merupakan kerja sama dengan anak perusahaan PT Pesonna Indonesia Jaya dan dikembangkan pada 2015.

Hotel-hotel tersebut antara lain Pesonna Hotel Malioboro, Pesonna Hotel Tugu Jogjakarta, Pesonna Hotel Gresik, dan Pesonna Hotel Semarang.

Lalu Pesonna Hotel Pekalongan, Pesonna Hotel Ampel Surabaya, Pesonna Hotel Tegal, Pesonna Hotel Pekanbaru, dan Pesonna Hotel Makassar.

Pertamina

PT Pertamina melalui anak perusahaan PT Patra Jasa menjalankan bisnis perhotelan mewah di Jawa dan Bali. Perusahaan yang bergerak di bidang gas dan minyak ini memiliki 6 hotel berbintang 4 dan 5.

Hotel hotel tersebut antara lain Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, Patra Comfort Parapat Lake Resort, dan The Patra Bali Resort and Villas.