Resolusi Awal Tahun: Penting atau Malah Nggak Guna, sih?
Mojok.co

6 weeks ago

Resolusi Awal Tahun: Penting atau Malah Nggak Guna, sih?

Bagi saya, saat ini resolusi masih saya anggap tidak terlalu penting untuk dibuat atau diperhitungkan guna mengarungi bahtera kehidupan selama satu tahun ke depan. Tidak tahu nanti, apakah pemikiran saya berubah, mari saya lihat sendiri. Mungkin bagi sebagian lainnya, resolusi itu penting sekali. Bagaimana target mulai dari percintaan, akademik, karier hingga ekonomi harus dibuat milestone -nya.

Bagi mereka yang senang membuat resolusi awal tahun, satu alasan umum yang sering diungkapkan adalah untuk menambah semangat dan daya juang sambil sesekali mengintip sudah sejauh mana perjalanan menuju target yang ingin dicapai. Simpelnya begitu. Resolusi menjadi sebuah peta tak resmi kehidupan seperti apa yang ingin dilakukan selama satu tahun.

Bicara resolusi, saya dan kalian semua pasti tahu. Resolusi hasilnya cuma ada dua, tercapai atau tidak tercapai. Saya sebenarnya pernah membuat resolusi di awal tahun 2016. Setelah lulus SMA, saya punya target kuliah di luar pulau Kalimantan. Hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Terdengar sederhana memang. Namun pada akhirnya, resolusi hanya resolusi. Keinginan sering tidak sejalan dengan kenyataan. Saya gagal masuk PTN di luar Kalimantan. Terus bagaimana resolusi saya? Bahkan saat itu saya tidak ingat saya pernah membuat resolusi. Resolusi ternyata tidak lebih penting dari omelan mama saya yang mewanti-wanti harus lulus SBMPTN setelah gagal di SNMPTN. Sejak saat itu saya menganggap resolusi itu nggak guna.

Mempertanyakan apakah resolusi di awal tahun itu penting atau tidak, jawabannya akan lebih baik jika dilihat secara subjektif. Resolusi itu soal ranah privasi individu dalam merencanakan mimpinya selama satu tahun ke depan. Tentu sangat sah jika saya berkata bahwa resolusi awal tahun itu nggak guna. Karena saya lebih menyukai sesuatu yang mengalir apa adanya dan tanpa direncanakan. Resolusi menurut saya justru akan membuat kehidupan selama satu tahun ke depan tidak lentur dan menjadi terlalu text book.

Tapi saya yakin ada yang tidak setuju dengan opini tentang betapa tidak bergunanya resolusi awal tahun. Di sisi lain, membuat resolusi itu perlu, kok. Selain untuk menambah semangat dalam mencapai apa yang ingin kamu capai. Resolusi juga menjadi pengingat bahwa hidup tidak lempeng dan gitu-gitu aja. Saya senang ketika teman saya mengatakan bahwa di tahun 2019 ini ada beberapa resolusinya yang sudah tercapai. Dia mengatakan bahwa sudah punya pacar baru tahun ini, IPK-nya sudah mulai naik, dan ia sudah bisa makan mi instan Samyang yang bungkusnya warna merah walau habis itu dia mengaku mencret-mencret.

Resolusi tidak selamanya nggak guna. Saya melihat dari sudut pandang lain bahwa resolusi adalah sumber kebahagiaan sederhana yang bisa diciptakan oleh manusia. Lihat teman saya, resolusinya tidak tampak luar biasa, tapi ada raut bahagia ketika dia menceritakan resolusi yang berhasil dicapainya.

Resolusi awal tahun yang bagi saya nggak guna memang bukan keputusan konkret. Resolusi itu dinamis dan bisa dibuat atas dasar rasa bahagia dan optimis yang menggebu. Melihat banyak resolusi yang berhasil dicapai di tahun 2019, mengapa tidak membuat resolusi di tahun 2020? Dorongan itulah yang membuat resolusi di awal tahun bagi sebagian orang begitu penting, menjadi pencipta kebahagiaan dan pemantik optimisme. Entah mau bikin resolusi yang paling sederhana hingga yang paling hebat. Jika berhasil meraih satu saja resolusi, bahagianya bukan main. Gimana, resolusi itu penting, kan?

Penting dan tidak pentingnya resolusi awal tahun hanya soal selera. Bagaimana saya menganggap resolusi awal tahun tidak penting-penting amat itu tidak salah. Begitu juga jika ada yang menyanggah bahwa resolusi awal tahun itu sangat penting, itu juga tidak salah. Yang salah jika pada akhirnya resolusi hanya menjadi beban buatmu untuk berkreasi. Hanya terpaku pada target tertulis tapi menutup mata pada realita yang terjadi justru itu adalah tindakan sembrono. Resolusi dibuat bukan untuk jadi beban atau tantangan yang semuanya harus dicapai. Resolusi dibuat untuk mengetahui sejauh mana semangatmu dan sudah sekeras apa dirimu berjuang yang tentunya tanpa melupakan realita dalam proses mencapai cita-citamu. Tapi kalau tidak mau pusing sendiri, ya jangan buat resolusi awal tahun. Let it flow ajaa~

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.