Alami Insomnia? Ini 5 Makanan yang Dianjurkan Dimakan Sebelum Tidur
IDN Times

6 weeks ago

Alami Insomnia? Ini 5 Makanan yang Dianjurkan Dimakan Sebelum Tidur

Kurang tidur memang terlihat sebagai gangguan yang sepele. Namun tidak kah kamu menyadari seiring bertambahnya usiamu, bisa merasakan tidur cukup dan nyenyak adalah sebuah keistimewaan? Oleh sebab itu, bila kamu alami gangguan insomnia jangan anggap itu hal sepele.

Dilansir dari WebMD.com, adanya gangguan kurang tidur seperti insomnia dapat berefek buruk bagi kesehatan. Beberapa di antaranya seperti sakit jantung, gagal jantung, diabetes, darah tingi dan stroke.

Bila gangguan sulit tidur ini belum begitu kronis, kamu masih bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti mengonsumsi makanan-makanan sehat sebelum tidur. Makanan sehat itu tentunya memiliki khasiat yang bagus untuk membuat tidur kita lebih baik dan berkualitas. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu makan di malam hari menjelang tidur:

1. Almond

Almond salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dikenal sebagai lemak nabati yang baik, kacang almond juga mengandung banyak protein, triptofan dan magnesium.

Triptofan sendiri bermanfaat untuk produksi melatonin (hormon perangsang tidur). Sedangkan magnesium diketahui dapat meredakan peradangan dan mengurangi kadar hormon kortisol yang memicu timbulnya stres sehingga kita sulit tidur.

2. Pisang

Sama seperti almond, buah pisang juga ternyata kaya akan triptofan dan magnesium. Triptofan dan magnesium diketahui memiliki manfaat untuk membantu tubuh kita jadi mudah tertidur.

Selain karena cukup mengenyangkan di perut, nyatanya buah pisang juga mengandung serotin dan melatonin. Serotin sendiri dikenal sebagai hormon yang mencegah depresi dan melatonin adalah hormon perangsang tidur.

3. Oatmeal

Bila kamu terbiasa makan nasi di malam hari sebelum tidur, mungkin kamu bisa menggantinya dengan oatmeal. Oatmeal yang berasal dari gandum juga mengandung karbohidrat yang cukup banyak sehingga cukup membuat kita merasa mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain itu, gandum sendiri dikenal sebagai makanan yang mengandung melatonin (hormon perangsang tidur).

4. Kalkun

Daging kalkun dikenal sangat lezat, mengenyangkan dan juga mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh. Banyak orang mengatakan akan merasa lebih cepat mengantuk setelah menyantap daging kalkun. Hal itu juga dapat dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari Healthline.com, disebutkan bahwa daging kalkun ternyata kaya akan asam amino triptofan, yang mampu meningkatkan melatonin (hormon perangsang tidur).

5. Kiwi

Kiwi juga terkenal sebagai buah yang rendah kalori dan juga sangat bergizi. Satu buah kiwi berukuran sedang diperkirakan mengandung hanya 50 kalori saja, namun banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu satu buah kiwi juga cukup memberikan kebutuhan vitamin C dan vitamin K sehari-hari kita.

Dikuti dari US National Library of Medicine, Kiwi adalah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi sebelum tidur karena dapat meningkatkan kualitas tidur. Studi tentang bagaimana efek buah kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur memang masih perlu dikembangkan lagi. Namun demikian, menurut para ahli mengonsumsi buah1-2 buah kiwi sebelum tidur dapat membuat kita tidur lebih cepat dan lebih lama.

Jangan sepelekan gangguan tidur yang sudah kamu alami ya, guys! Bila kamu sudah merasa tidak nyaman dan terganggu dengan pola tidurmu yang tidak benar, ada baiknya kamu coba dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas sebelum kamu tidur. Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya!