6 Ruas Tol Digratiskan saat Libur Akhir Tahun Ini, Berikut Daftarnya
Kumparan.com

1 week ago

6 Ruas Tol Digratiskan saat Libur Akhir Tahun Ini, Berikut Daftarnya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, 6 ruas jalan tol di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi akan beroperasi secara gratis pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Adapun tol yang digratiskan tersebut merupakan ruas tol yang baru saja diresmikan dan tol yang memang dioperasikan secara fungsional.

“Iya (ada 6 tol beroperasi secara gratis) saat libur Nataru,” jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit kepada kumparan , Selasa (2/12).

Berikut daftar ruas tol gratis saat Nataru yang dirangkum kumparan :

1. Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

Pada saat libur Nataru, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung seksi I Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km dipastikan sudah beroperasi. Secara keseluruhan, ruas tol yang terdiri dari 3 seksi ini memiliki total panjang 111,6 km.

Tol yang merupakan bagian dari Trans Sumatera ini dibangun oleh PT Sriwijaya Markmore Persada dengan biaya pembangunan mencapai Rp 17,34 triliun. Konstruksi ruas tol itu dimulai sejak 2016 lalu.

2. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 km direncanakan juga akan gratis saat libur Nataru. Tol milik Hutama Karya itu diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 November 2019 lalu.

Dengan dioperasikannya Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Tol Kayu Agung-Jakabaring, artinya Lampung dengan Palembang akan tersambung tol seluruhnya saat libur Nataru nanti.

3. Tol Pekanbaru–Dumai

PT Hutama Karya (Persero) optimistis Tol Pekanbaru-Dumai seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km dapat beroperasi fungsional akhir tahun ini. Dengan begitu, ruas tol itu akan digratiskan saat libur Nataru.

"Seksi 1 sepanjang 9,50 km, insyaallah bisa selesai akhir tahun 2019 ini,” kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan berdasar keterangan tertulis, Senin (2/12).

Ilustrasi pembangunan jalan tol. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Secara total, ruas tol sepanjang 131 km ini terbagi menjadi 6 seksi dengan progres pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Ditargetkan seluruh ruas selesai dibangun pada Maret 2020.

4. Tol Balikpapan-Samarinda

Tol Balikpapan-Samarinda seksi II-iV yang menghubungkan Samboja-Samarinda ditargetkan dapat beroperasi fungsional pada libur Nataru.

Rinciannya yakni seksi II Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 km, seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,5 km, seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 17,95 km, dan seksi V Balikpapan-Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 km.

Ruas tol ini menelan total investasi sebesar Rp 9,9 triliun. Selain APBN, APBD dan pembiayaan Jasa Marga, pembangunan tol ini juga dibiayai dari pinjaman pemerintah China sebesar Rp 848,55 miliar, atau sekitar 8,5 persen dari total investasi.

5. Tol Manado-Bitung

Tol Manado-Bitung seksi 1-2A Manado-Danowudu sekitar 26 km akan beroperasi gratis saat libur Nataru. Tol yang mulai dibangun tahun 2016 itu menelan biaya investasi sebesar Rp 6,19 triliun.

Presiden Joko Widodo tinjau pembangunan tol Manado-Bitung, Jum'at (5/7). Foto: Fahrian SAleh/kumparan

Kehadiran jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari semula 1,5-2 jam menjadi 30 menit, sehingga diharapkan dapat mendukung Pelabuhan Bitung hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

6. Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 km dipastikan beroperasi saat libur Nataru 2019 ini. Pada awal pengoperasian, tol itu masih digratiskan.

"Japek elevated insyaallah diresmikan pada minggu kedua Desember 2019. Mudah-mudahan full minggu kedua Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Saat ini ruas tol layang itu masih menjalani uji beban berupa uji statis dan uji dinamis. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa ruas tol itu aman untuk dilalui lantaran berstruktur layang.