Menebak Kemungkinan Formasi dan Susunan Pemain Chelsea Di bawah Guus Hiddink
Bola.net

4 years ago

Menebak Kemungkinan Formasi dan Susunan Pemain Chelsea Di bawah Guus Hiddink

Bola.net - Beberapa hari setelah Chelsea resmi memecat manajer lama mereka Jose Mourinho, nama Guus Hiddink resmi diperkenalkan sebagai Pelatih Interim Chelsea sampai akhir musim nanti. Ini adalah kali kedua Hiddink menjadi Manajer Interim Chelsea, setelah pada tahun 2009 ia menggantikan Luis Felipe Scholari sebagai manajer Chelsea pada saat itu.

Dengan ditunjuknya Hiddink sebagai manajer anyar The Blues, maka Eden Hazard dkk akan mengalami perubahan taktik dan strategi yang signifikan. Hal ini dikarenakan mantan pelatih Timnas Belanda tersebut dikabarkan tidak puas dengan permainan Chelsea kontra Sunderland akhir pekan lalu, sehingga ia tidak berminat untuk meneruskan pakem yang digunakan Jose Mourinho selama ini.

Dalam tiga tahun terakhir, Mourinho menggunakan pakem 4-2-3-1 sebagai formasi dasar The Blues, dengan beberapa penyesuaian dalam laga tertentu. Template 4-2-3-1 ini nampaknya tidak akan dilanjutkan oleh Hiddink dan akan diprediksi akan digantikan dengan 4-3-3.

Hal ini terindikasikan dalam pemberitaan media Inggris beberapa hari terakhir. Dalam pemberitaan tersebut, disebutkan bahwa youngster The Blues, Ruben Loftus Cheek masuk dalam rencana Hiddink dan akan diberikan porsi bermain yang lebih besar pada paruh kedua musim ini.

Sentralnya posisi Nemanja Matic dan Cesc Fabregas, rasanya tidak mungkin salah satu diantaranya akan dikorbankan untuk memberi ruang kepada Loftus Cheeck, sehingga solusi paling logis untuk situasi ini adalah dengan memainkan ketiganya sekaligus dengan formasi 4-3-3.

Selain Ruben, media Inggris mengabarkan bahwa Hiddink akan berjudi dengan menjadikan Radamel Falcao sebagai striker utama. Dalam pemberitaan tersebut, disebutkan bahwa Hiddink tidak terkesan dengan performa Diego Costa saat melawan Sunderland akhir pekan lalu. Falcao sendiri dikabarkan mendapatkan jatah latihan ekstra dari Hiddink untuk meningkatkan kebugaran fisiknya.

Formasi 4-3-3 sendiri merupakan strategi yang dulu digunakan Hiddink saat membesut Chelsea di tahun 2009. Ia menumpuk Michael Ballack, Frank Lampard dan Michael Essien di tengah sedangkan lini serang diisi oleh trio Florent Malouda, Didier Droba, dan Nicholas Anelka. Dengan Strategi ini Hiddink sukses meraih 34 poin dari 39 poin yang tersedia pada musim 2009.

Jika formasi tersebut kembali diterapkan di Chelsea musim ini maka susunan pemain The Blues di sisa musim ini sebagai berikut. Kiper: Thibaut Cortois. Bek: Branislav Ivanovic, John Terry, Kurt Zouma, Cesar Azpillicueta. Gelandang Tengah: Nemanja Matic, Ruben Loftus-Cheek, Cesc Fabregas. Penyerang: Eden Hazard, Radamel Falcao, Willian.

Bagaimana pendapat anda Bolaneters? Apakah Formasi 4-3-3 akan menjadi jujukan Guus Hiddink pada sisa musim ini? Ataukah ia akan meneruskan formasi 4-2-3-1 yang diusung Mourinho selama ini? Sampaikan pendapat anda pada kolom komentar.(bola/dub)

Baca Juga:

Lawan Chelsea, Van Gaal Akan Dapat Pengawalan Ekstra

Ake: Chelsea Masih Favorit

Ake: Saya Kaget Mourinho Dipecat Chelsea

MU dan Chelsea Siap Tebus Klausul Higuain

Assist Ozil Kalahkan Seluruh Tim MU & Chelsea

Ighalo Peringatkan Chelsea untuk Hormati Watford

Chelsea Sudah Lama Hubungi Diego Simeone

Matic: Hiddink Datang di Saat yang Sulit