Ozil Biang Keladi Gagalnya City di Emirates

Laga dini hari tadi Premier League mempertemukan Arsenal dengan Manchester City. Bertempat di Emirates Stadium, anak-anak arahan Arsene Wenger sukses mengambil poin penuh lewat gol dari Theo Walcott dan Olivier Giroud.

Namun keberhasilan itu tidaklah lepas dari peran penting gelandang kreatif asal Jerman, Mesut Ozil. Dua kali operan matangnya berakhir tepat di rekan dan menghasilkan gol bagi Gunners. Melengkapi 15 assists atas nama dirinya di 17 laga awal liga Inggris musim ini.

Secara khusus sang arsitek dalam konferensi pers seusai laga menekankan kalau peran dari pemilik nomor 11 tidaklah bisa dikesampingkan. Ia sadar kalau pembelian mahal dari Real Madrid tidak salah dan kini dalam jalur untuk meraih kembali trofi domestik sudah lama tidak menghiasi lemari klub.

Apa diucapkan oleh Wenger tidaklah sembarangan. Berbanding jumlah yang sama dengan menjelang akhir musim lalu berbagai peningkatan tercatat atas nama Ozil. Alasan mengapa dipilih periode akhir musim kemarin lantara pada awal kompetisi dirinya lebih banyak absen. Cedera memakan waktu atau kesempatan untuk memamerkan kecanggihan dalam melepaskan operan walau sering dicerca lamban dalam mengambil keputusan.

Sekarang sudah daftarkan 15 assists sementara sebelumnya hanya empat. Terlihat bagaimana jauhnya perbedaan ini. Jumlah chances created juga naik lebih dari 10 dari 56 berubah menjadi 67.

Aksi milik Mesut tidak melulu soal memberikan kesempatan bagi rekan mencetak gol atau peluang. Ia juga tidak segan melepaskan tembakan guna pajang nama diri sendiri di papan skor. Torehan gol tidak jauh berbeda walau untuk edisi kali ini masih tertinggal satu dari sebelumnya, akan tetapi untuk akurasi tembakan kembali terjadi peningkatan. Nominal 62% lebih baik ketimbang tahun kemarin yang hanya 56%.

Menjaga kebugaran Ozil jadi pekerjaan rumah khusus bagi Wenger. Tidak mau pelatih senior asal Perancis menghilangkan kesempatan meraih gelar juara Premier League kalau sang pemain andalan lebih sering di ruang perawatan ketimbang di lapangan.