Force Touch, tren baru untuk gawai pada 2016
Lokadata.id

4 years ago

Force Touch, tren baru untuk gawai pada 2016

Apple iPhone 6s dengan teknologi 3D Touch

Jika tahun ini semakin banyak ponsel yang menggunakan pemindai sidik jari, tahun depan, 2016, banyak yang memperkirakan yang akan menjadi tren baru adalah teknologi layar yang sensitif dengan tekanan atau yang populer dengan sebutan Force Touch dan 3D Touch.

Digitimes (17/12/2015) menuliskan bahwa IHS (perusahaan riset dan analisis berbasis di Colorado, Amerika Serikat), berani memprediksi bahwa 25 persen dari seluruh gawai yang diluncurkan pada 2016 akan memiliki layar dengan teknologi Force Touch.

Tren ini dimulai dari AppleWatch dan iPhone 6s, keduanya diluncurkan tahun ini. Apple Watch menggunakan teknologi yang disebut Apple sebagai Force Touch, sementara teknologi serupa di iPhone 6s disebut sebagai 3D Touch.

Meski punya nama berbeda, keduanya memiliki prinsip yang sama: mampu membedakan tekanan yang dilakukan pengguna ke layar gawai. Selanjutnya, fungsi atau respon dari ponsel bisa bervariasi tergantung besarnya tekanan. Misalnya tekanan lembut membesarkan foto atau tekanan kuat untuk menghapus foto.

Tidak hanya gawai Apple yang menggunakan teknologi ini, Huawei dengan ponsel Mate S sudah menerapkan fitur Force Touch. Gawai ini diperkenalkan di ajang pameran IFA 2015, Berlin, Jerman (2/9/2015).

Kembali ke data oleh IHS, mereka memperkirakan pengapalan modul sensitif tekanan ini akan naik hingga 317 persen, mencapai 461 juta unit. Kebanyakan produsen modul panel sentuhan ini berlokasi di Taiwan dan Tiongkok, dengan 45 persen pangsa pasar gawai dan produk elektronik di paruh pertama 2015.

Introducing iPhone 6s and iPhone 6s Plus with 3D Touch