Lightsaber "Star Wars" Bisa Hadir di Dunia Nyata
Okezone.com

4 years ago

Lightsaber "Star Wars" Bisa Hadir di Dunia Nyata

CALIFORNIA- Lightsaber pertama kali dikenal melalui film "Star Wars" yang dirilis pada 1977. Melihat kesuksesan Star Wars franchise, tak sedikit masyarakat yang ingin menjajal lightsaber sebagai senjata di dunia nyata.

Dilansir Space, Senin (21/12/2015), Don Lincoln, ilmuwan dari U.S. Department of Energy's Fermilab, mungkin mengabulkan harapan tersebut. Mengingat nama dan penampilannya, mungkin lightsabers terdiri dari beberapa jenis laser.

Lightsaber bisa dibuat dari plasma dengan cara pengupasan atom gas untuk elektron melalui proses yang disebut ionisasi. Pengupasan ini menyebabkan material bersinar.

Sebuah plasma seperti lampu neon tampak cukup mirip dengan lightsaber dan bisa disentuh tanpa menyebabkan tangan terbakar jika berada di dalam tabung. Namun di luar itu, plasma cukup panas dengan suhu beberapa ribu derajat.

Plasma yang terdiri dari partikel bermuatan (beberapa dengan kecepatan yang sangat tinggi), dapat dimanipulasi oleh medan magnet. Bahkan, beberapa teknologi yang lebih menjanjikan terlibat dengan penelitian fusi nuklir menggunakan medan magnet untuk menyimpan plasma.

Suhu dan total energi yang terkandung dalam plasma fusi sangat tinggi sehingga mereka akan melelehkan pembuluh penahanan logam mereka.

Untuk sementara, lightsaber yang menjanjikan mungkin saja dibangun dari magnetic fields dengan plasma yang sangat panas. Namun mereka akan menembus sinar lain sehingga tak akan ada lightsaber duel yang mengandalkan material solid dan panas.