7 Mitos di Berbagai Kampus Besar Indonesia yang Masih Dipercaya, Para Mahasiswa Perlu Tahu sih
Hipwee

3 weeks ago

7 Mitos di Berbagai Kampus Besar Indonesia yang Masih Dipercaya, Para Mahasiswa Perlu Tahu sih

Setiap kampus di Indonesia mempunyai mitos yang berbeda. Terkadang mitos itu lahir dari sejarah di masa lalu, tetapi bisa juga tanpa asal-usul yang jelas. Walau begitu, masih banyak orang yang percaya pada mitos di kampus. Minimal mereka merasa segan untuk melanggar mitos tersebut. Sebab, konon ada konsekuensi bagi orang-orang yang melanggarnya.

Apa aja sih mitos di kampus-kampus Indonesia? Yuk kita simak daftarnya. Siapa tahu, kamu atau teman-temanmu pernah mengalami hal unik seputar mitos kampus ~

1. Kalau mahasiswa UGM berfoto di gerbang utama kampus, konon bakal lama lulusnya. Padahal spot ini menarik banget buat foto-foto karena tulisan UGM-nya!

Gerbang utama di UGM via www.idntimes.com

Ini adalah salah satu mitos paling populer di UGM. Di dekat Bunderan UGM, ada pintu gerbang utama dengan tulisan besar berbunyi “Universitas Gadjah Mada”. Tempat ini menarik banget untuk berfoto. Tapi kalau mahasiswa UGM berfoto di depannya, konon bakal lama lulusnya! Serem juga ya. Mungkin harus nunggu lulus dulu nih baru bisa berfoto di sana.

2. Mitos ini populer di Jogja, terutama di kalangan mahasiswa UGM. Kalau mahasiswa perantau minum air dari Selokan Mataram, katanya bakal balik lagi ke Jogja

Mau nggak minum airnya? via www.menggapaiangkasa.com

Mempunyai panjang lebih dari 31 kilometer, Selokan Mataram membelah berbagai daerah di DI Yogyakarta. Pasti para mahasiswa UGM familiar dengan selokan ini karena terletak di dekat kampus. Lantas beredar mitos kalau air Selokan Mataram mempunyai kekuatan ajaib. Jika mahasiswa perantau meminumnya, maka mereka bakal kembali lagi ke Jogja. Mungkin untuk kuliah lagi, bekerja, atau menetap karena dapat pasangan di sini.

3. Tahu jembatan Fakultas Teknik UGM? Kalau kita lewat sana dalam rombongan yang jumlahnya ganjil, konon bakal kena sial. Jadi jumlah rombongannya harus genap~

Jembatan Fakultas Teknik UGM via www.yukepo.com

Di dekat Fakultas Teknik, ada jembatan beraspal yang cukup luas dan mempunyai dua jalur. Kalau kamu melewati jembatan ini dalam rombongan berjumlah ganjil, konon bakal tertimpa sial. Namun nggak jelas apakah ada orang yang betul-betul mengalaminya. Kalau mau aman sih, lewat aja di sana dalam rombongan berjumlah genap.

4. Sama kayak UGM, ternyata mahasiswa UI nggak boleh berfoto di depan gerbang masuk utama. Sebab katanya bakal nggak lulus-lulus!

Jadi takut kalau berfoto di sini via www.ui.ac.id

Universitas Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas. Tepat di bawah flyover arah Jakarta sebelum memasuki gerbang utama, ada tembok pembatas dengan tulisan besar “Universitas Indonesia”. Bagus nih pemandangannya. Namun kalau berfoto di sana, konon kita bakal lama lulusnya. Sama ya dengan mitos di UGM.

5. Ada mitos lain tentang kelulusan di UI. Katanya kalau pakai toga sebelum wisuda, kita bakal lulus lama alias jadi mahasiswa abadi. Huhuhu…

Wisuda di UI via fisip.ui.ac.id

Biasanya orang-orang memakai setelan khusus dan toga saat wisuda. Rasanya pengen ikut nyobain juga deh biar termotivasi cepat lulus! Namun tahukah kamu, ternyata ada mitos tentang ini di UI. Kalau memakai toga sebelum wisuda, konon kita bakal lama lulusnya. Wah, serem juga ya~

6. Kamu mahasiswa ITB? Pasti pernah dengar kalau mahasiswa baru nggak boleh mampir ke Kebun Binatang Bandung di dekat kampus. Konon bakal bikin nggak lulus program Tahap Persiapan Bersama (TPB)

Kebun Binatang Bandung via www.inilahkoran.com

Di dekat Institut Teknologi Bandung, ada tempat wisata yang menarik yaitu Kebun Binatang Bandung. Namun katanya, mahasiswa baru nggak boleh mampir ke sana karena bikin nggak lulus program TPB di awal perkuliahan. Mungkin kalau keseringan main di kebun binatang, para mahasiswa jadi nggak fokus buat belajar. Lucu juga mitosnya.

7. Kalau kamu mahasiswa IPB, mungkin penasaran kenapa asrama cewek diawali huruf A. Sedangkan asrama cowok diawali huruf C. Ternyata ada mitos kalau dulu ada asrama B tapi udah terbakar dan hilang

Asrama cowok di IPB via www.quipper.com

Institut Pertanian Bogor menyediakan asrama untuk para mahasiswa di tingkat pertama. Namun ada yang agak aneh dengan fasilitas ini. Asrama cewek diawali huruf A, sedangkan asrama cowok diawali huruf C. Huruf B-nya ke mana? Lantas beredarlah mitos kalau dulu ada asrama B, tapi sudah terbakar dan hilang. Wah, serem juga nih kalau betulan.

Itulah deretan mitos di berbagai kampus Indonesia. Ternyata aneh juga ya! Apalagi banyak yang asal-usulnya nggak jelas. Jadi terserah kamu aja, boleh percaya dan boleh juga nggak percaya.