Mengusut Satu Misteri Aneh: Kenapa Sih Banyak Laki-Laki Jarang Minum Air Putih?
VICE Indonesia

3 weeks ago

Mengusut Satu Misteri Aneh: Kenapa Sih Banyak Laki-Laki Jarang Minum Air Putih?

Laki-laki tuh kenapa, deh? Selain ogah bawa payung, terus malas minum air putih juga. Aku enggak menggeneralisasi, cuma hampir semua mantan pacarku jarang banget minum. Kayaknya bukan cuma aku doang yang maksa cowok rajin minum air putih. 21 Savage baru rutin minum setelah berpacaran dengan model Amber Rose.

"Dia memaksaku melakukan hal-hal yang jarang aku kerjakan," katanya dalam wawancara Real 92.3. “Kayak minum air putih dan vitamin, misalnya.”

Ternyata, ini bukan masalah laki-laki saja. MajalahMelpernah menulis laporan khusus tentang “pembenci H2O” yang beberapa di antaranya adalah perempuan. “Emang enggak ada pilihan [selain air], tapi aku mending enggak minum sekalian,” kata seorang perempuan. Tapi sejauh pengamatanku, cowok lah yang paling jarang minum air putih. Makanya aku heran kenapa mereka bisa kayak begitu.

Dalam forum subreddit r/AskMen, pertanyaan " Seberapa banyak air putih yang diminum setiap hari? " punya jawaban cukup beragam. Para cowok di sana seenggaknya minum satu hingga enam liter sehari, meski ada satu pengguna yang keheranan kenapa harus sering minum air. “Banyak banget delapan gelas. Kenapa harus sebanyak itu setiap hari?” tanya DirstenKunst.

Pengguna lain, GenitalDiddler, bilang cuma minum dua gelas. Itu sudah cukup, katanya. Aku jadi bertanya-tanya mereka sebenarnya kenapa, sih? Jarang minum enggak bagus untuk kesehatan, lho!

Mayo Clinic menganjurkan lelaki yang hidup di iklim sedang harus minum 15,5 cangkir (3,7 liter) air setiap hari. Rata-rata ini belum termasuk olahraga, masalah kesehatan, atau faktor lainnya.

Aku rajin minum semenjak dewasa dan terbukti tubuhku sehat-sehat saja. Kalau kalian—para lelaki—ingin sehat juga, coba deh ikuti saranku di bawah ini:

• Minum dua hingga empat gelas setelah bangun pagi. Otak butuh kesegaran, sayang.

• Minum segelas air putih setiap habis buang air kecil. Setiap cairan yang keluar, maka harus diisi lagi.

• Air seni berwarna kuning gelap? Itu artinya kalian dehidrasi! Cepetan minum.

• Sering kencing dalam satu jam? Waktunya berhenti minum. Ginjal tak sanggup memproses terlalu banyak air karena melarutkan kadar natrium dalam darah. Ini dapat menyebabkan kondisi hiponatremia yang bisa berakibat fatal. Tapi tenang saja… Ini jarang terjadi. Aku pribadi enggak terlalu suka keseringan kencing, jadi minumnya juga enggak sering-sering. Inikah alasan kalian enggak suka minum air, cowok-cowok?

Manfaat rajin minum air putih banyak banget, beberapa di antaranya menjaga suhu tubuh, melumasi sendi, dan bikin awet muda. Ketika dehidrasi, tubuh menarik air dari jaringan untuk menjaga konsentrasi H2O dalam darah. Itu kenapa matamu terlihat cekung dan kulit jadi lebih kering.

Saat aku kasih tahu cowok-cowok soal ini, mereka malah mengangkat bahu dan lanjut main game. Yo wes, sak karepmu.

Follow Harron Walker di Twitter .

Artikel ini pertama kali tayang di VICE US