Sejumlah Sahabat Dijadwalkan Hadiri Tribute to Arswendo Atmowiloto
JawaPos.com

4 weeks ago

Sejumlah Sahabat Dijadwalkan Hadiri Tribute to Arswendo Atmowiloto

JawaPos.com – Untuk mengenang budayawan sekaligus seniman legendaris Arswendo Atmowiloto, akan digelar acara Tribute to Arswendo yang rencananya dilangsungkan pada 30 November 2019.

Acara ini bakal dihadiri oleh sejumlah seniman dan artis yang mengenal dekat almarhum. Mereka adalah Butet Kartaredjasa, Slamet Rahardjo, Renny Djajoesman, M. Sobari, Dian Piesasha, Sandy Nayoan, Mudji Sutrisno, Efix Mulyadi, Dodhi Yudono, Hanan Farhana Sani dan yang lainnya.

“Sonny Tulung akan memandu jalannya acara Tribute to Arswendo. Untuk special guest , Keluarga Cemara The Movie,” demikian berdasarkan rilis pers yang diterima JawaPos.com .

Acara Tribute to Arswendo dibuat oleh sejumlah sahabat yang mengenal cukup dekat tentang sosok Arswendo. Bahkan beberapa dari mereka sempat berguru kepada lelaki yang menghembuskan napas terakhirnya di usia 70 tahun.

“Bagi banyak orang yang pernah menjadi anak buahnya, Mas Wendo tidak sekadar bos, tapi juga pahlawan,” kata Ricke Senduk, ketua panitia acara Tribute to Arswendo Atmowiloto.

Sementara itu, Butet Kartaredjasa mengatakan bahwa Arswendo memiliki jasa yang sangat besar bagi perjalanan karirnya. Bahkan almarhum dianggapnya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan Butet.

“Pak Ndo (sapaan Butet ke Arswendo,red) ini sudah menjadi bagian dari hidup saya. Kalau tidak ada Pak Ndo mungkin jalan hidup saya akan berubah, tidak seperti sekarang ini,” ungkap Butet Kartaredjasa

Seperti diketahui, Arswendo Atmowiloto meninggal pada 19 Juli 2019 setelah sempat berjuang melawan penyakit kanker prostat yang dideritanya.

Arswendo merupakan seniman dan budayawan legendaris Indonesia yang banyak melahirkan karya dalam bentuk cerpen, novel, hingga naskah sinetron. Dia pun sempat mendapatkan sejumlah penghargaan atas kerja kerasnya tersebut. Arswendo juga sempat berprofesi sebagai wartawan dan menjadi sosok penting dalam sejarah literasi Indonesia.