Prancis Raih Tiket ke Piala Eropa 2020, Portugal Lumat Lithuania 6-0
Kumparan.com

4 weeks ago

Prancis Raih Tiket ke Piala Eropa 2020, Portugal Lumat Lithuania 6-0

Timnas Prancis menjadi tim selanjutnya yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Tiket didapatkan Les Bleus usai menaklukkan Moldova 2-1 di Stade de France, Sabtu (15/11/2019) dini hari WIB.

Prancis sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Vadim Rata di menit sembilan. Namun, mereka mampu mencetak dua gol balasan yang dilesakkan oleh Raphael Varane dan Olivier Giroud.

Atas hasil ini, Prancis naik ke posisi pertama klasemen Grup H dengan 22 poin. Dengan tersisa satu laga kualifikasi, mereka unggul dua angka atas Turki di posisi kedua dan enam poin atas Islandia di peringkat ketiga.

Dengan demikian, Turki yang di laga lain menahan imbang Islandia 0-0, berhak menemani Prancis ke Piala Eropa 2020.

">

***

Didier Deschamps kembali tak mengubah pakem dasar Prancis dalam formasi 4-2-3-1 dengan Olivier Giroud didapuk sebagai penyerang tunggal. Penyerang Inggris itu ditopang oleh Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Kingsley Coman.

Sementara itu, N'Golo Kante dan Corentin Tolisso menjadi metronom di lini tengah. Untuk lini belakang, Clement Lenglet, Raphael Varane, Benjamin Pavard, dan Lucas Digne berdiri sejajar melindungi Steve Mandanda di bawah mistar.

Prancis yang di atas kertas lebih unggul secara materi pemain langsung menggebrak di menit keenam. Penetrasi Mbappe di sisi kanan pertahanan lawan diselesaikan dengan tendangan kaki kiri, sayang upayanya digagalkan kiper Moldova, Alexei Koselev.

Proses gol Timnas Prancis ke gawang Moldova. Foto: REUTERS/Charles Platiau

Setelah memulai laga dengan apik khususnya di segi penguasaan bola, petaka justru menghampiri Prancis di menit kesembilan. Lenglet melakukan blunder ketika bola yang ada di kakinya bisa direbut Vadim Rata untuk mencetak gol.

Setelah tertinggal, Prancis kesulitan menembus pertahanan Moldova yang menumpuk pemain di daerah sendiri, peluang dari Mbappe di menit 33 pun lahir cuma dari percobaan jarak jauh yang bisa ditangkap Koselev.

Gol penyama kedudukan yang dinanti-nanti akhirnya lahir di menit 35 lewat sundulan Varane. Gol ini sempat diprotes oleh para pemain Moldova karena menganggap sebelumnya Giroud telah melakukan pelanggaran kepada kiper.

Pemain Prancis, N'Golo Kante, diadang pemain Moldova. Foto: REUTERS/Benoit Tessier

Di babak kedua, Prancis masih kesulitan menembus rapatnya pertahanan Moldova. Hingga waktu berjalan 75 menit, tak ada satu pun percobaan mereka yang menemui sasaran.

Prancis harus menunggu hingga menit ke-79 untuk bisa membalikkan keadaan. Adalah Giroud yang jadi aktornya usai eksekusi penaltinya tak mampu dibendung. Tak ada gol tambahan tercipta usai torehan ini dan Prancis memastikan kemenangan 2-1.

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan gol. Foto: REUTERS/Pedro Nunes

Ronaldo Hat-trick, Portugal Lumat Lithuania

Di laga lain, Portugal menuai hasil maksimal saat menjamu Lithuania di Algarve Stadium. Selecao das Quinas melumat tamunya dengan skor 6-0.

Tiga gol kemenangan Portugal masing-masing dicetak oleh Cristiano Ronaldo (7', 22', 65'), Goncalo Paciencia (56'), Pizzi (52'), dan Bernardo Silva (63'). Atas tambahan tiga poin ini, Portugal masih ada di posisi kedua klasemen Grup B dengan koleksi 14 poin.

Akan tetapi, posisi skuat besutan Fernando Santos belum sepenuhnya aman. Mereka cuma unggul satu angka atas Serbia yang di pertandingan lain mengalahkan Luksemburg 3-2.

Oleh karena itu, siapa yang akan menemani Ukraina di Grup B ke putaran final Piala Eropa 2020 akan ditentukan di laga terakhir. Portugal bakal bertamu ke markas Luksemburg, sementara Serbia menjamu Ukraina pada Minggu (1711) malam WIB.