Resmi Pensiun, Ini Catatan Jorge Lorenzo di MotoGP
Kumparan.com

4 weeks ago

Resmi Pensiun, Ini Catatan Jorge Lorenzo di MotoGP

Berakhir sudah perjalanan Jorge Lorenzo di MotoGP. Sosok berusia 32 tahun itu mengumumkan pensiun dari balapan tertinggi roda dua tersebut saat sesi konferensi pers sebelum Grand Prix (GP) terakhir musim 2019 di Valencia, Kamis (15/11/2019) malam WIB.

Lorenzo yang memulai kariernya di MotoGP pada 2008 memutuskan berhenti dengan alasan cedera dan ketidakcocokan dengan motor yang ia kendarai sekarang, RC123V milik Repsol Honda.

Sejak memutuskan menjadi rekan Marc Marquez di Repsol Honda, karier Lorenzo memang menemui anomali. Alih-alih bangkit usai perjalanan tak menyenangkan bersama Ducati, penampilan Lorenzo justru tak membaik, bahkan semakin merosot.

Dari 18 seri yang sudah berlangsung sejauh musim 2019, Lorenzo menempati posisi ke-19 di tabel klasemen dengan raihan 25 poin. Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut sama sekali tak pernah mencicipi finis di dalam 10 besar.

Cedera patah tulang belakang yang didapatkan saat sesi latihan bebas pertama GP Belanda bikin karier Lorenzo kian kelam. Cedera itu bikin dia absen di empat balapan beruntun (GP Belanda-Austria).

Kendati perjalanannya di MotoGP berakhir dengan kondisi yang tak gemilang, Lorenzo nyatanya punya beberapa catatan spesial selama berkarier di MotoGP.

Senyum terakhir Jorge Lorenzo di MotoGP. Foto: REUTERS/Heino Kalis

Pemilik Tiga gelar juara dunia yang didapatkan bersama Yamaha di musim 2010, 2012, 2015. Raihan itu sama dengan dua legenda MotoGP, Kenny Roberts dan Wayne Rainey.

Pebalap termuda ketujuh yang berhasil menjadi juara dunia yakni di usia 23 tahun 159 tahun. Ini terjadi ketika Lorenzo meraih gelar perdananya musim 2010.

Urutan kedua pebalap dengan jumlah podium terbanyak di MotoGP (114). Urutan keempat dengan jumlah kemenangan terbanyak di MotoGP (47).

Urutan ketujuh sebagai pebalap dengan jumlah balapan terbanyak di MotoGP. Jika turun di GP Valencia nanti, Lorenzo punya catatan 203 balapan.

Dua kali meraih 16 podium yakni 2010 dan 2012. Ini membuatnya ada di urutan kedua sebagai pebalap dengan jumlah podium terbanyak dalam satu musim.

Ada di posisi ketiga sebagai pemilik poin terbanyak di MotoGP dengan 2.970. Lorenzo juga ada di posisi kedua peraih poin terbanyak dalam satu musim (2010) dengan 383 poin.

Lorenzo ada di urutan keempat peraih pole position (43), urutan ketujuh pemilik fastest lap (30), dan ada di urutan kelima peraih pole dan kemenangan dalam satu balapan yang sama (18).