Lolongan Misterius Terekam di Video Viral, Konon Bukti Adanya Monster Hutan Amerika
VICE Indonesia

4 weeks ago

Lolongan Misterius Terekam di Video Viral, Konon Bukti Adanya Monster Hutan Amerika

Keluarga Gino Meekis sedang berburu di hutan Ontario, Kanada ketika mereka mendengar lolongan mengerikan di kejauhan. Mereka langsung menghentikan aktivitas dan merekam suara itu. Videonya kini viral di internet, dan sejumlah orang menduga suara itu berasal dari Bigfoot.

Gino bersama istri dan cucu laki-lakinya mengalami kejadian aneh ini pada 3 Oktober lalu di sebuah hutan berjarak 50 kilometer dari Sioux Lookout di barat laut Ontario.

“Suaranya mulai terdengar ketika kami mau balik ke kendaraan habis berburu burung,” ujar Gino dalam wawancara. “Saya awalnya mengira itu suara rusa besar, tapi berubah pikiran ketika makhluk itu meraung lagi.”

Saat Gino dan istri merekam suaranya, cucu mereka menirukan lolongan itu. Mereka cepat-cepat balik ke kendaraan ketika lolongannya makin keras.

“Saya sering berburu bareng kakek sewaktu kecil dulu, jadi sudah terbiasa mendengar suara berbagai binatang. Ini pertama kalinya saya mendengar lolongan macam itu,” kata Gino.

Penganut cryptid di internet melihatnya sebagai bukti keberadaan Bigfoot, sementara Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan Ontario berpandangan lain.

“Ahli biologi kami menduga suaranya berasal dari mamalia besar, seperti serigala. Namun, kami tidak dapat memastikannya karena video itu direkam dari jarak jauh,” bunyi email Jolanta Kowalski, petugas relasi media Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan Ontario.

Video semacam ini tak pernah gagal menggugah semangat peneliti cryptid, menunjukkan legenda Bigfoot masih sangat diminati di abad ke-21.

“Di saat sebagian besar dari kita tak perlu lagi mengkhawatirkan ancaman hewan predator, kemajuan teknologi terbukti masih membelenggu kita dalam ketakutan akan adanya suatu kekuatan biadab,” tutur Dr. David Floyd, ahli mitologi monster dan Associate Professor Sastra Inggris di Charleston Southern University, dalam wawancara.

“Bahkan di abad ke-21 sekalipun, gagasan sosok setengah manusia setengah monster masih menjadi topik hangat karena berbanding terbalik dengan yang kita yakini,” tambahnya.

David menunjukkan manusia masih "mengantropomorfisasi" ketakutan atas hal yang tidak terjelaskan. Kita juga belum mampu menguasai alam bebas yang kekuatannya sering berbahaya.

"Salah satu ketakutan terbesar kita yaitu berhadapan dengan hal mengerikan ketika tak menyadarinya atau berkelana terlalu jauh dari peradaban," kata David.

Terlepas dari ada atau tidaknya Bigfoot, keluarga Gino telah bersinggungan dengan sesuatu yang menakutkan jauh di dalam hutan. Selama orang-orang masih mengejar keberadaan monster, video pembuktian takkan berhenti beredar.

"Namanya juga manusia," tutur David. "Siapa tahu, video selanjutnya membuktikan tanpa ragu apa yang telah diduga pakar atau diketahui saksi mata selama ini."

Artikel ini pertama kali tayang di VICE US.