Mi Instan Jadi Duta Kuliner Indonesia, Makin Dicari Orang dari Seluruh Dunia
VICE Indonesia

4 weeks ago

Mi Instan Jadi Duta Kuliner Indonesia, Makin Dicari Orang dari Seluruh Dunia

Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam makanan khas dari tiap daerah yang kelezatannya tidak diragukan lagi, mulai dari rendang, sambal matah, dan lain sebagainya.

Tetapi tidak perlu khawatir dan jauh-jauh keliling Indonesia untuk mencicipi beragam makanan tersebut, karena ada satu jenis makanan yang bisa mewakilkan seluruh rasa kuliner Nusantara yaitu Indomie.

Dengan varian rasa beragam yang dimiliki Indomie mulai dari rasa Ayam Geprek, Mi Aceh, Sambal Rica, dan masih banyak lagi, setiap orang dari berbagai penjuru dunia bisa merasakan kelezatan makanan Indonesia. Bahkan Indomie juga bisa dibilang sebagai maskot Indonesia dan populer di kancah Internasional. Indikasinya jelas.

Kebanyakan orang yang pertama kali ke Indonesia, pasti langsung diajak kenalan sama Indomie. Salah satu fenomena yang membuat Indomie makin familiar di kalangan Internasional adalah maraknya konten review makanan di YouTube.

Seperti yang dilakukan Noona Rosa yang merupakan warga Korea dalam channel YouTubenya, untuk mengajak adik-adiknya bergabung di salah satu videonya untuk “menikmati” Indomie di depan kamera. Mereka kaget kalau lidah mereka sangat cocok dengan Indomie, terutama pada varian rasa rendang. Noona Roosa bahkan menjelaskan kalau rendang pernah diklaim sebagai makanan paling enak sedunia versi CNN.

“Mungkin kalau di Korea rendang itu mirip galbijjim," ujar Noona di videonya, namun mereka tetap mengaku ini citarasa yang sangat baru namun disuka oleh mereka.

Seleb papan atas pun tak ketinggalan dalam gelombang menikmati Indomie. Misalnya bintang K-Pop Sandara Park dari 2NE1 dan adiknya Thunder MBLAQ, yang resmi menjadi indomie lovers.

Orang asing yang sempat berkunjung ke Indonesia tak sedikit yang langsung jatuh hati sama Indomie. Salah satu oleh-oleh wajib ketika mereka berkesempatan kembali mampir ke Tanah Air adalah makan Indomie. Hye Rin, mahasiswi asal Korea Selatan juga adalah salah satu “korban” wisata Indomie yang akhirnya malah jatuh cinta. "Saat aku ikut Summer Program di Indonesia aku langsung mencoba Indomie. Teman-teman disini semua merekomendasikan aku supaya makan Indomie," ujar Hye Rin. Dia mengaku jatuh cinta sejak sendokan pertama Indomie. "Terutama yang Indomie goreng aku suka sekali!"

Teman sesama Summer Program Hye Rin, Bruno Saude asal Portugal, juga mengalami hal yang sama. Setelah “wisata” Indomie ia langsung berkomitmen untuk membawa Indomie sebanyak-banyak saat pulang. "Setelah diajak teman makan Indomie, aku langsung ingin makan Indomie setiap hari

Kelezatan rasa Indomie juga dibuktikan ketika beberapa fans K-Pop NCT Dream malah membawakan Indomie untuk para idola mereka. Apabila biasanya meet and greet fans membawakan artwork, oleh-oleh seperti batik, gantungan kunci, para fans malah dengan bersemangat membawakan mereka Indomie.

Sementara buat Bruno yang asalnya dari Eropa, ia menjagokan Indomie rasa Soto Mie sebagai rasa favoritnya. Beda dibanding Korea yang dominan dengan rasa pedas dan manis, makanan Eropa menurut Bruno cukup hambar. "Tapi memang rasa Indomie kuat sekali, aku suka. Tidak ada makanan di Eropa yang seperti ini," tandas Bruno.

Ternyata kecintaan untuk Indomie sebagai mi instan favorit dengan rasa khas Indonesia tidak hanya datang dari masyarakat Indonesia, namun juga dari masyarakat di berbagai penjuru dunia.