Hamka Hamzah Rancang Rencana Pensiun
Kumparan.com

1 week ago

Hamka Hamzah Rancang Rencana Pensiun

Hamka Hamzah mengeluh, meski Arema FC baru saja menyegel kemenangan 2-0 atas Madura United di Stadion Kanjuruhan, Jumat (8/11/2019) sore WIB. Pada laga tersebut, kapten Arema itu merasakan nyeri di hamstring-nya.

"Ah, cedera lagi, 'kan, ini," keluh Hamka sambil melihat bagian kakinya yang diperban. "Memang susah kalau kurang rehat bagus."

Sebelum pertandingan, Hamka mengaku sempat berbicara dengan para pemain lawan. Jika dibandingkan dengan Arema, jadwal Madura United dalam sepekan terakhir memang lebih gila. Empat hari sebelum melakoni perjalanan ke kandang Arema, 'Laskar Sape Kerrab' menjamu Persipura di Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur.

Jadwal Arema dalam sebulan terakhir juga tak kalah gilanya. Selama kurun waktu tersebut, 'Singo Edan' sudah menjalani tujuh pertandingan. Imbas dari itu semua, ya, tentu kelelahan dan itu merupakan salah satu biang dari inkonsistensi performa tim. Hasilnya, Arema hanya meraih tiga kemenangan dalam sebulan terakhir.

"Saya sudah bicara dengan pemain Madura United, mereka bilang kelelahan gara-gara jadwal. Seperti kami juga. Semoga musim depan jadwalnya bisa lebih baik," tutur Hamka .

"Kalau untuk pemain berusia 20-an mungkin tak apa-apa. Tetapi, untuk pemain berusia 30 tahun lebih seperti saya, recovery tak bisa dalam tiga hari. Mungkin, Arema bakal mencari pemain lebih fit untuk tahun depan. Biar saya saja yang jadi pelapis. Saya harus sadar diri," tutur pemain asal Makassar itu.

Hamka Hamzah (kanan) merayakan gol dengan rekannya, Nur Hadianto (kiri), pada sebuah pertandingan. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Gara-gara kondisi fisik dan usia, Hamka jadi memikirkan secara serius soal mengakhiri kisahnya sebagai pesepak bola. Lantas, kapan dan di mana eks bek Sriwijaya FC itu bakal pensiun?

"Dua musim lagi, saya pensiun. Ya, 2020 adalah tahun terakhir Hamka Hamzah sebagai pesepak bola. Tahun berikutnya, saya bakal melatih. Jadi pelatih muda... di Eropa," tuturnya. Tentu, soal Eropa itu bercanda dan kemudian meledaklah tawa di ruangan.

"Saya pensiun [sebagai pesepak bola] di Arema. 'Kan, rencananya jadi asisten pelatih dulu. Nanti, saya cari bibit pemain se-Malang Raya untuk masa depan Arema," pungkas Hamka .