Surya Paloh: Soal Maju di Pilpres 2024, Terserah Bung Anies
Kumparan.com

1 week ago

Surya Paloh: Soal Maju di Pilpres 2024, Terserah Bung Anies

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Kongres II Partai NasDem menimbulkan spekulasi. Kedekatan Ketua Umum Partai NasDem dengan Anies dikaitkan dengan peluang mencalonkan Gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2024.

Menurut Surya Paloh, keputusan tentang pencalonan Anies di Pilpres 2024 dikembalikan kepada Anies sendiri. Jika Anies memiliki keyakinan, kata Paloh, maka Anies yang akan memutuskan.

"Terserah Bung Anies, kalau dia yakin barangkali mau maju (Pilpres) 2024. Tanya Pak Anies," kata Surya Paloh usai pembukaan Kongres II NasDem di Jakarta Internasional EXPO, Kemayoran, Jumat (8/11).

Di tempat yang sama, Anies enggan menjawab kepastiannya untuk maju di Pilpres 2024. Anies hanya mengatakan, kehadirannya pada acara ini hanya untuk mengucapkan selamat datang kepada peserta kongres NasDem.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri Kongres dan HUT Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

"Ya kita menyambut atas nama warga Jakarta, NasDem kongres di Jakarta, ucapkan selamat, datang selamat kongres," ucap Anies.

Kemudian, Paloh menyebut sudah menganggap Anies seperti adiknya sendiri. Selain itu, kehadiran Anies di acara pembukaan kongres NasDem merupakan kepatutan sebagai pemiliki wilayah atau tuan rumah.

"Ya adik saya, gubernur Jakarta. (Anies hadiri) Pembukaan karena ini masalahnya sebenarnya internal, tapi tidak pantas kalau Gubernur Jakarta kita tidak lapor di tempat ini. Kalau dia enggak kasih izin tempat ini kan gimana, kan susah kita," tutup Paloh.