Camat Pademangan Dorong 3 Kelurahan Buat Mural
Kompas.com

1 week ago

Camat Pademangan Dorong 3 Kelurahan Buat Mural

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Camat Pademangan Mumu Muhtajab mendorong pembuatan mural pendidikan di tiga kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Ia menyampaikan pembuatan mural bertemakan pendidikan seperti yang ada di Kelurahan Pademangan Timur mendapat sambutan positif warga sekitar.

"Warga jadi pada senang yah, kampungnya jadi warna warni, terus juga ada sisi edukasnya," kata Mumu, Jumat (8/11/2019).

Dia mengatakan, ide pembuatan mural bertema pendidikan itu muncul untuk menggantikan mural bertema Asian Games sebelumnya.

Berbagai unsur di kecamatan berdiskusi mencari ide bagaimana caranya untuk memperindah kampung sekaligus memberi nuansa yang berbeda.

Karena kawasan Pademangan terdiri dari gang-gang yang sering dilewati pelajar, muncullah ide membuat mural bertema pendidikan.

Pengerjaannya pun diserahkan kepada pihak-pihak yang mampu menggambar. Mereka adalah petugas penangan prasarana dan sarana umum (PPSU) dan warga sekitar.

Cat dan peralatan kerja seperti kuas difasilitasi kelurahan dan partisipasi RT/RW setempat.

"Sekarang di Kelurahan Ancol dan Pademangan sudah mulai juga. Saya sih harapannya dibikin di gang-gang yang banyak dilewati warga," ujar Mumu.

Namun ia menegaskan, sebelum membuat mural pihaknya telah terlebih dahulu minta izin ke pemilik bangunan.

Sebelumnya diberitakan, empat orang pemuda yang tergabung dalam Tim Mural Pademangan Timur membuat mural bertema pendidikan di sekitar Jalan Pademangan Timur 2.

Mereka membuat gambar tata surya, jenis-jenis hewan, abjad, huruf Arab, hingga perkalian dan pembagian di sana.

Aktivitas itu mendapat dukungan dari warga sekitar.

Selain memperindah kampung, tembok itu juga menjadi media belajar luar sekolah bagi anak-anak di lingkungan itu.