Di Kongres Nasdem, Anies Ingat Masa Deklarasi Ormas Nasional Demokrat
Kompas.com

1 week ago

Di Kongres Nasdem, Anies Ingat Masa Deklarasi Ormas Nasional Demokrat

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Kongres Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingat kembali masa-masa saat ia menjadi salah satu deklarator yang mendeklarasikan ormas Nasional Demokrat .

Ormas Nasional Demokrat menjadi cikal bakal berdirinya Partai Nasdem.

"Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu ketika kami bacakan. Bang Surya saya boleh ambil kutipan?" kata Anies meminta izin kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat memberikan sambutan pada pembukaan kongres itu.

Anies kemudian membacakan bunyi deklarasi Nasional Demokrat pada 2010. Menurut dia, bunyi deklarasi itu sangat relevan dengan kondisi saat ini.

"Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang, yang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan. Keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia," kata Anies.

Anies berujar, kalimat dalam deklarasi itu harus diperjuangkan. Semangat deklarasi 9 tahun lalu itu harus terus dijaga.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya sebelumnya mengatakan, Anies diundang ke Kongres Nasdem selaku gubernur DKI Jakarta dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres.

Willy menyebut Anies diundang dalam kongres karena ia "orang dalam" yang tidak asing untuk Nasdem.

"Anies itu pembaca manifesto Nasional Demokrat (saat Nasdem masih menjadi ormas). Anies bukan orang asing, anies itu orang dalam di Nasdem," kata Willy.