Surya Paloh: Jangan karena Partai Tak Searah, Kita Jadikan Musuh Bebuyutan
Kompas.com

1 week ago

Surya Paloh: Jangan karena Partai Tak Searah, Kita Jadikan Musuh Bebuyutan

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta kadernya menghormati partai lain yang tidak sejalan dengan Nasdem.

Hal ini disampaikan Surya saat berpidato dalam Kongres Nasdem II yang digelar Jumat (8/11/2019) malam, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Awalnya, Surya meminta seluruh kadernya untuk bersikap rendah hati dan menghormati kritik. Surya juga menginstruksikan seluruh kader Nasdem untuk merangkul sesama teman.

"Saya menginstruksikan, tunjukkan kepeolporan saudara-saudara, bersikap rendah hati, mau mendengar, mau menerima kritik. Hormati kritik, rangkul teman," kata Surya yang disambut tepuk tangan dan sorak sorai meriah peserta kongres.

Surya lalu menyebut, jangan karena ada partai yang tidak searah dengan Nasdem, kemudian dijadikan musuh bebuyutan.

"Jangan karena partai tidak searah dengan jalannya kita, kita menjadikan musuh bebuyutan. Seakan-akan tidak ada tempat sama sekali dalam bergandengan tangan, itu bukan Indonesia sejatinya," ujar Surya.

Surya kemudian meminta seluruh kader untuk bersatu, membuang prasangka, hingga sinisme.

Jika tidak bisa membantu orang lain, Surya meminta kadernya tak menghina mereka.

"Ajak semuanya bersatu, buang prasangka-prasangka, pikiran-pikiran, yang mengandung sinisme, menghina. Kalau kita tidak bisa bantu janganlah menghina orang lain," katanya.