Pesan Menpora untuk Timnas U-23: Jangan Main Medsos Dulu
Kumparan.com

1 week ago

Pesan Menpora untuk Timnas U-23: Jangan Main Medsos Dulu

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi pesan khusus kepada para penggawa Timnas U-23 Indonesia yang bakal berlaga di SEA Games 2019 Filipina, 30 November-11 Desember mendatang.

Zainudin meminta para pemain untuk menghindari aktivitas media sosial sementara waktu. Menurut Zainudin, pesan-pesan atau komentar yang beredar di media sosial bisa menganggu konsenterasi para atlet.

Pesan ini diberikan Zainudin usai dirinya berkomunikasi dengan pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini. Ia menyebut Fakhri menanggap psike pemain-pemain Timnas kerap terpengaruh lantaran komentar di medsos.

"Tadi disampaikan oleh Coach Fakhri, anak-anak (pemain) kita ini masih suka terpengaruh dengan itu (medsos). 'Kan kebiasan kita lihat kalau pemain bagus pujiannya luar biasa. Begitu dia agak kendor sedikit, luar biasa juga (komentarnya)," kata Zainudin di Hotel Sultan, Jakarta, (8/11/2019).

"Nah, itu berpengaruh. Berbeda dengan saya, Pak Iwan (Mochamad Iriawan), Mas (Raja Sapta Oktohari) Okto, mau di- bully kaya apapun kita siap. Tapi, anak-anak kita di usia-usia seperti itu mereka sangat terpengaruh," tuturnya menambahkan.

Sesi latihan Timnas U-23 di Lapangan A SUGBK, Kamis (24/10/2019). Foto: Alan Kusuma/kumparan

"Kita imbau untuk sementara jangan lihat-lihat dulu, ya, nanti saja setelah selesai pertandingan, itu berpengaruh secara psikologi," jelasnya.

Selain wejangan, Zainudin juga memberi tantangan kepada Timnas U-23 untuk membawa pulang medali emas dari SEA Games 2019. Terakhkir kali Indonesia menyabet emas cabor sepak bola di ajang dua tahunan se-Asia Tenggara itu terjadi pada edisi 1991.

"Khusus untuk sepak bola kita, tim yang akan berangkat, tadi saya sudah bertemu dengan pelatihnya. Saya kira kita berharap mereka bisa maksimal. Pak Ketum (PSSI) sudah menyampaikan juga sekarang akan digenjot sampai optimal," ucap Zainudin.

Di SEA Games 2019 nanti, Timnas U-23 tergabung bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam di Grup B. Cabang sepak bola akan mulai dipentaskan pada 26 November dan berakhir pada 10 Desember 2019.