Tujuh fakta Masjid Nabawi, tempat suci umat Islam berusia 1400 tahun
BBC Indonesia

1 week ago

Tujuh fakta Masjid Nabawi, tempat suci umat Islam berusia 1400 tahun

Masjid Nabawi adalah tempat paling suci kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah. Al-Masjid an-Nabawis ini merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Tapi, tahukah Anda bahwa awalnya masjid ini luasnya hanya 30x35 meter?

Masjid ini didirikan oleh Nabi Muhammad SAW di sebelah rumahnya pada tahun 632 atau sekitar 1400 tahun lalu. Bangunan masjid sebenarnya dibangun tanpa atap dan pada waktu itu dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, majelis, dan sekolah agama.

Simak juga:

Pengembangan masjid ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa Islam. Pada 1909, tempat ini menjadi tempat pertama di Semenanjung Arab yang diterangi pencahayaan listrik.

Salah satu fitur terkenal Masjid Nabawi adalah Kubah Hijau yang berada di tenggara masjid, lokasi tempat peristirahatan Nabi Muhammad, yang dulunya merupakan kamar Aisyah, istri Nabi.

Selain itu, dalam masjid tersebut juga terdapat dua makam sahabat Nabi, yakni Abu Bakar Al-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Tempat penting lain yang menjadi destinasi utama di masjid yang berlokasi di Madinah ini adalah Raudlah dan Riad ul-Jannah yang kerap disebut sebagai taman surga.

Video Editor: Lesthia Kertopati