MRT Fase II Dibangun Maret 2020, Ada Terowongan Bertingkat dan Stasiun 4 Lantai di Bawah Tanah
Kompas.com

6 days ago

MRT Fase II Dibangun Maret 2020, Ada Terowongan Bertingkat dan Stasiun 4 Lantai di Bawah Tanah

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) fase II rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota direncanakan mulai dibangun pada Maret 2020.

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, pembangunan dimulai dengan paket CP201, yakni konstruksi Stasiun Sarinah, Stasiun Monas, dan pekerjaan terowongan.

"CP201 masih proses lelang. Targetnya nanti pengumuman pemenangnya sudah sign di Februari akhir ya, 2020. Mulai pekerjaan fisiknya di Maret 2020," ujar Kamal saat dihubungi, Kamis (8/11/2019).

Kamal menjelaskan, pembangunan MRT rute Bundaran HI-Kota dibagi menjadi paket konstruksi CP200 sampai CP206.

CP200 berupa konstruksi struktur gardu induk sudah selesai dibangun di Monas.

Sementara paket CP202 sampai CP206 masih proses lelang hingga Juni 2020. Pekerjaan konstruksi CP202 sampai CP206 ditargetkan dimulai Juli 2020.

Kamal menuturkan, pada pembangunan MRT rute Bundaran HI-Kota, jalur atau terowongan yang melewati kawasan Sawah Besar dan Mangga Besar akan dibangun bertingkat.

Terowongan bertingkat dibangun karena terbatasnya area di kawasan Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk. Di lokasi itu terdapat Kali Batang Hari.

"Terowongan di area ini akan dibangun bertingkat," kata dia.

Pembangunan terowongan bertingkat berimbas pada adanya stasiun yang dibangun empat lantai, yakni Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar. Dua stasiun itu dibangun di kedalaman 36 meter di bawah tanah.

"Stasiun paling dalam di Sawah Besar dan Mangga Besar. Dua lapis lantai concourse (tempat terbuka), dua lapis lantai platform (peron) untuk masing-masing stasiun itu," ucap Kamal.

MRT rute Bundaran HI-Kota sepanjang 5,8 kilometer akan memiliki tujuh stasiun bawah tanah, yakni Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Kedalaman stasiun mulai dari 17 meter hingga 36 meter.