Gubernur Lempar Botol, Kalteng Putra Didenda Rp70 Juta
goal.com

6 days ago

Gubernur Lempar Botol, Kalteng Putra Didenda Rp70 Juta

Sugianto terancam hukuman lebih berat bila melakukan hal serupa di masa mendatang.

Komite disiplin (Komdis) PSSI memberikan sanksi denda Rp70 juta kepada manajemen klub dan panitia pelaksana (panpel) pertandingan Kalteng Putra akibat ulah gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang melempar botol.

Dalam keputusannya, Komdis menjatuhkan denda Rp50 juta untuk klub, dan sisanya kepada panpel. Selain itu, Komdis memberikan teguran keras kepada Sugianto agar tidak mengulangi perbuatannya. Patrich Wanggai juga tidak luput dari sanksi.

“Komdis PSSI menerapkan perlakuan hukum yang sama dalam menjatuhkan sanksi. Komdis telah memutuskan sanksi teguran keras kepada Sugianto Sabran, yang kebetulan merupakan Kepala Daerah Kalimantan Tengah atas tindakan pelemparan botol ke dalam lapangan pada saat menyaksikan pertandingan antara Kalteng Putera versus Persib Bandung, 1 November lalu,” demikian pernyataan Komdis melalui laman resmi PSSI.

Pilihan Editor

“Dalam kasus ini, Sugianto Sabran dinilai melanggar pasal 55 junto pasal 8, junto pasal 12 Kode Disiplin PSSI dengan sanksi teguran keras. Bila terjadi pengulangan terhadap pelanggaran, hukumannya akan lebih berat. Selain sanksi individu, Komdis juga menjatuhkan hukuman kepada klub Kalteng Putra dan Panpel berupa denda Rp50 juta dan Rp20 juta.”

“Pemain Kalteng Putra, Patrich Steve Wanggai juga dihukum larangan bermain sebanyak dua pertandingan, dan denda Rp10 juta. Wanggai dengan sengaja menendang pemain lawan pada laga melawan Persib Bandung.

Semetara itu, bek Bali United Willian Pacheco mendapat hukuman larangan bermain tambahan sebanyak satu kali, karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar fair play ketika menjamu Persela Lamongan pada 31 Oktober. Di laga itu, Pacheco diganjar kartu merah pada menit ke-49.

SIMAK JUGA: BERITA LIGA 1 2019!