Jangan Sampai Kehilangan Bagasi, Amankan dengan Cara ini
Viva News

6 days ago

Jangan Sampai Kehilangan Bagasi, Amankan dengan Cara ini

VIVAnews – Membawa berbagai barang ketika bepergian tentu menjadi hal penting, sebab ini akan sangat memengaruhi kenyamanan perjalanan. Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga berbagai keperluan selama perjalanan bisa terpenuhi dengan baik.

Namun bukan hanya dibawa saja, sepanjang perjalanan, barang-barang ini juga harus diawasi dengan cara yang tepat, terutama saat Anda bepergian menggunakan pesawat. Jangan sampai Anda kehilangan bagasi, hanya karena tidak mempersiapkannya dengan baik.

Kehilangan bagasi pesawat tentu bukan hal yang asing lagi di telinga, karena banyak penumpang yang sudah pernah mengalaminya. Jika kehilangan bagasi, tentu sangat merugikan, sekaligus akan merepotkan Anda selama perjalanan nanti.

Pengawasan bagasi Anda perlu dilakukan sejak awal, terutama ketika sedang berada di bandara, di mana bagasi Anda akan tergabung dengan bagasi-bagasi milik penumpang lainnya. Selain hilang, risiko tertukar juga tentu patut dihindari, sebab ini juga tak kalah merepotkan.

Pastikan Anda melakukan langkah yang tepat untuk menghindari berbagai masalah ini sejak awal. Agar masalah kehilangan bagasi ini tak menimpa Anda, sebaiknya amankan bagasi dengan cara berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com , agar perjalanan Anda menyenangkan bebas kendala.

1. Lakukan Pengecekan Bagasi Terlebih Dahulu

Saat Anda akan bepergian dengan menggunakan pesawat, tentu Anda harus melakukan pengecekan bagasi Anda di check-in counter . Petugas akan memeriksa bagasi Anda, menimbangnya dan menandainya, dan Anda tinggal mengambilnya saja setelah tiba di bandara tujuan.

Namun bukan hanya Anda saja, ratusan penumpang lainnya juga harus melakukan hal yang sama. Sehingga selalu ada kemungkinan pengecekan ini mengalami kekeliruan.

Hindari untuk melakukan pengecekan bagasi secara terburu-buru, di mana petugas check-in counter sudah begitu sibuk dengan antrean penumpang yang memanjang. Kondisi seperti ini sangat berisiko membuat bagasi Anda hilang atau bahkan tertinggal.

Datang lebih awal ke bandara akan menjadi keputusan yang bijak. Anda bisa melakukan pengecekan bagasi dengan nyaman dan tenang saat check-in counter masih sepi. Selain itu, Anda juga akan memiliki banyak waktu menyiapkan diri untuk perjalanan, tanpa terburu-buru dari rumah menuju bandara.

2. Jangan Lupa Tandai Koper Anda

Untuk membawa berbagai barang Anda, menggunakan koper yang praktis tentu akan menjadi keputusan yang tepat. Namun di bandara ada ratusan penumpang dengan koper mereka masing-masing dan selalu ada kemungkinan koper Anda akan sama dengan satu atau beberapa di antara mereka.

Hal ini akan sangat merepotkan ketika Anda mengambil bagasi Anda di bandara tujuan nanti. Jangan sampai koper Anda tertukar dengan koper penumpang lain atau bahkan Anda mengalami kesulitan untuk mengenalinya.

Pastikan Anda memberi tanda pada koper Anda tersebut, apalagi jika Anda menggunakan koper dengan warna hitam atau cokelat yang selalu banyak digunakan oleh orang-orang saat bepergian.

Anda bisa memberi tanda dengan mengikatkan sebuah pita/sapu tangan kecil atau bahkan dengan menempelkan stiker berwarna terang pada bagian pegangannya. Tanda ini akan memudahkan Anda mengenali koper tersebut, bahkan meski koper Anda tampak sama dengan koper-koper lainnya.

3. Buat Antisipasi, Pasang GPS di Koper Anda

Cara yang satu terbilang canggih dan praktis. Anda bisa memasang peralatan GPS pada koper sebelum bepergian. Sehingga Anda akan dengan mudah menemukan keberadaannya.

GPS akan menunjukkan posisi koper Anda dengan cepat, bahkan ketika barang tersebut tidak berada dekat dengan posisi Anda. Dengan demikian Anda tidak lagi perlu khawatir kehilangan bagasi, sebab bisa dengan cepat melacak keberadaan koper Anda tersebut.

Bukan hanya ketika berada di bandara saja, peralatan yang satu ini tentu akan membantu Anda menjaga keamanan koper Anda sepanjang perjalanan nanti.

4. Jangan Segan Gunakan Layanan Asuransi Perjalanan

Selain berbagai langkah di atas, penggunaan layanan asuransi perjalanan tentu sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan pada diri Anda dan sekaligus barang-barang bawaan, sehingga Anda bisa bepergian dengan lebih nyaman dan tenang.

Asuransi perjalanan akan melindungi kerusakan dan juga kehilangan barang-barang bawaan Anda, di mana Anda akan mendapatkan sejumlah ganti rugi jika risiko tersebut terjadi. Tapi untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, pastikan Anda memilih layanan asuransi dari perusahaan asuransi yang tepat.

Hal ini penting, apalagi jika Anda akan bepergian ke luar negeri. Pilih asuransi yang tepat dan lindungi diri Anda dan juga barang-barang Anda dengan maksimal.

Bepergian Jadi Tenang dengan Bagasi yang Aman

Membawa barang selama bepergian merupakan hal yang lazim dilakukan, apalagi jika Anda akan bepergian untuk waktu yang lama. Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk mengamankan bagasi Anda selama perjalanan. Hindari kehilangan bagasi dalam perjalanan Anda, agar bisa menikmati perjalanan yang tenang dan nyaman.