7 Perusahaan Telekomunikasi dengan Valuasi Pasar Terbesar di Dunia, Pelanggannya Capai 902 Juta Orang!
Moneysmart.id

1 week ago

7 Perusahaan Telekomunikasi dengan Valuasi Pasar Terbesar di Dunia, Pelanggannya Capai 902 Juta Orang!

Banyaknya perusahaan telekomunikasi yang tumbuh di Tanah Air maupun dunia hari ini menggambarkan betapa vitalnya kebutuhan smartphone bagi manusia.

Hal ini juga gak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat di segala lini terutama di sektor handphone serta gadget pendukung lainnya.

Canggihnya sebuah handphone rasanya akan terasa sia-sia jika gak didukung dengan layanan data yang cepat dan kualitas jaringan baik. Bahkan, beberapa waktu belakangan ini banyak perusahaan udah mengambil ancang-ancang guna menggunakan teknologi 5G yang pastinya lebih cepat dari 4G.

Walaupun di Indonesia baru memasuki fase peralihan dari teknologi 3G ke 4G, tapi mau gak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang gak ada ujungnya.

Situasi tersebut tentu menguntungkan bagi perusahaan telekomunikasi dunia yang memberikan layanan kepada para pelanggannya.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak aja langsung nih 7 daftar perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia berdasarkan valuasi pasarnya berikut, mengutip dari Investopedia .

7. America Movil

America Movil.

Perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia nomor 7 dipegang oleh America Movil yang berdiri tahun 2000.

America Movil sendiri merupakan korporasi asal Meksiko yang dipimpin oleh salah satu orang terkaya di dunia, yakni Carlos Slim. Wilayah yang menjadi ekspansi mereka adalah negara-negara yang berada di benua Amerika dan Eropa.

Total pelanggannya mencapai 277 juta dan memiliki valuasi pasar mencapai Rp 728 triliun di seluruh dunia.

6. Deutsche Telekom AG

T Mobile, brand Deutsche Telekom AG. (Shutterstock)

Keenam, ada korporasi asal Jerman yakni Deutsche Telekom AG yang berdiri pada tahun 1995 lalu di kota Bonn.

Mungkin sebagian dari kamu belum familiar dengan nama tersebut, namun perusahaan ini juga menggunakan nama T-Mobile agar lebih mudah dikenal untuk pasar internasional. Logonya bisa kamu lihat di jersey klub sepak bola terkenal Bayern Munchen.

Di seluruh dunia, Deutsche Telekom AG memiliki jumlah pelanggan sebanyak 168 juta dan ditaksir memiliki valuasi pasar mencapai Rp 939 triliun.

5. Nippon Telegraph and Telephone

Logo Nippon Telegraph and Telephone. (Shutterstock)

Selanjutnya ada perusahaan telekomunikasi asal Jepang yakni Nippon Telegraph and Telephone (NTT) yang didirikan pada 1952 di kota Tokyo.

Selain bergerak di bidang telekomunikasi handphone, Nippon Telegraph and Telephone juga melakukan ekspansi di bidang fiber optik untuk memberikan layanan internet yang cepat kepada para pelanggannya.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 16 juta pelanggan dan valuasi pasarnya diperkirakan menyentuh Rp 1.135 triliun.

4. SoftBank

Banner Softbank. (Shutterstock)

Keempat, ada korporasi SoftBank yang didirikan oleh miliarder Jepang Masayoshi Son pada tahun 1981. Di Jepang, mereka punya beberapa lini usaha di bidang telekomunikasi seperti provider kartu selular dan internet.

Di Indonesia sendiri SoftBank lebih dikenal karena sering menyuntikkan dana ke startup Tanah Air. Salah satu yang paling besar adalah Tokopedia yang bergerak di bidang e-commerce .

Di bidang telekomunikasi, SoftBank diperkirakan memiliki valuasi pasar sekitar Rp 1.373 triliunan.

3. AT&T

Logo AT&T.

Perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di dunia dipegang oleh AT&T yang berasal dari Amerika Serikat.

Di seluruh dunia, AT&T udah beroperasi di lebih dari 200 negara dan memiliki 34 ribu jaringan wi-fi yang tersebar di beberapa wilayah. Selain di bidang komunikasi, korporasi ini juga memiliki media dan usaha di bisnis televisi berlangganan.

Tercatat, jumlah pelanggan yang dimilikinya menyentuh 355 juta dan memiliki valuasi pasar sebesar Rp 2.957 triliun.

2. China Mobile

Banner China Mobile. (Shutterstock)

Duduk di posisi kedua ada perusahaan telekomunikasi China Mobile yang sesuai namanya berasal dari China. Korporasi ini didirikan pada tahun 1997 dan dimiliki oleh pemerintah China.

China Mobile berhasil mengekspansi bisnisnya sampai ke Pakistan, Inggris dan Hong Kong. Walaupun sedikit, tapi total pelanggannya menjadi yang terbesar di seluruh dunia hingga menyentuh 902 juta orang.

Nilai valuasi pasarnya ditaksir sebesar Rp 3.043 triliunan.

1. Perusahaan telekomunikasi Verizon

Banner Verizon. (Shutterstock)

Berada di posisi teratas ada Verizon yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 dan sampai tahun 2000 memiliki nama Bell Atlantic Corporation.

Bisnis utama yang dimiliki oleh Verizon adalah layanan telepon seluler, broadband internet dan televisi berlangganan. Sampai hari ini diperkirakan jumlah pelanggan yang berhasil diraih adalah 118 juta lebih di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk masalah valuasi pasar, Verizon menjadi yang tertinggi karena menyentuh Rp 3.097 triliunan.

Nah itulah 7 perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia saat ini. Kira-kira kapan ya perusahaan dalam negeri bisa menyusul seperti mereka? (Editor: Ruben Setiawan)