BBC 100 Women: Senandung semangat revolusi Raja Meziane
BBC Indonesia

1 week ago

BBC 100 Women: Senandung semangat revolusi Raja Meziane

Raja Meziane adalah seorang penyanyi dari Aljazair. Dia menciptakan lagu berjudul 'Revolution' yang berisi kritik pada pemerintah dan seruan untuk melakukan revolusi.

Dia pun mendapatkan tekanan. Lagu-lagunya dilarang diputar.

"Saya punya banyak teman di media. Mereka semua bilang, 'kami sayang kamu, kami tahu kamu orang baik dan kami menghormati kamu. Tapi kami mendapatkan instruksi untuk tidak memutar lagu-lagu yang kamu buat'," kata Raja.

Simak juga:

Raja juga kerap mendapat ancaman untuk memberikan dukungan pada pemerintah yang berkuasa.

"Saya dipaksa bernyanyi untuk mendukung kampanye (presiden) Bouteflika, jika tidak mereka akan menghancurkan karir musik saya di Aljazair. Selamanya," tuturnya.

Tidak hanya karir musik, mimpi Raja menjadi pengacara pun harus berhenti di tengah jalan. Dia bahkan harus hijrah ke Republik Ceko agar bisa tetap bebas.

"Saya tidak pernah membayangkan harus meninggalkan negara yang saya cintai. Meninggalkan ibu saya. Tapi saya harus, karena saya butuh menghirup udara kebebasan," paparnya.

Meskipun kini jauh, Raja tetap menyuarakan dukungannya pada perubahan di Aljazair. Dia tetap mengobarkan semangat revolusi melalui lagu-lagu yang dia unggah ke YouTube.

"Saya tidak bisa pulang. Tapi saya ada di sini, bersama kalian. Kita punya tujuan yang sama: membebaskan Aljazair dari cengkeraman rezim mafia yang sudah mendarah daging," kata Raja.

Video ini adalah bagian dari seri khusus BBC 100 Women, yakni Laporan BBC tentang 100 perempuan yang menginspirasi dan paling berpengaruh di tahun 2019, untuk memberi kita pandangan tentang masa depan yang dipimpin perempuan.