Spesifikasi Lengkap Toyota Raize, SUV Turbo yang Dibanderol Harga Rp 200 Jutaan
Moneysmart.id

1 week ago

Spesifikasi Lengkap Toyota Raize, SUV Turbo yang Dibanderol Harga Rp 200 Jutaan

Selain Daihatsu Rocky yang sedang hangat dibicarakan, ada lagi saudara kembarnya yang gak mau ketinggalan yakni Toyota Raize. Produk baru yang digadang-gadang akan menjadi laris ini merupakan salah satu varian yang diyakini sudah diidam idamkan banyak orang. akan menjadi produk idaman. Produk tersebut nantinya akan bermain di segmen LSUV.

Toyota Raize ini sendiri memang belum diluncurkan secara resmi oleh Toyota Jepang. Namun informasi tersebut sudah beredar luas dan diyakini akan menjadi salah satu produk yang akan booming kedepannya.

Toyota Raize ini merupakan produk kembar dari Daihatsu Rocky. Mobil berpenggerak dua roda ini nantinya akan mengusung desain Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Kemunculan dari produk ini merupakan wujud baru dari kolaborasi yang akan dilakukan oleh Toyota dan Daihatsu untuk melahirkan produk baru dari basis mobil yang sama.

Sebelumnya Daihatsu sendiri sudah meluncurkan Daihatsu Rocky sebagai kembaran dari Toyota Raize. Kira-kira seperti apa spesifikasi dari Toyota Raize itu sendiri? Melansir laman Carmudi Indonesia, yuk kita simak.

Eksterior Toyota Raize

Bagian luar Raize terlihat gahar (Carmudi Indonesia)

Secara tampilan, eksterior dari Toyota Raize ini memiliki desain yang sama persis dengan Daihatsu Rocky. Namun, Daihatsu Rocky dengan Toyota Raize ini tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Sehingga orang awam pun masih dapat membedakannya dengan mudah. Eksterior Toyota Raize yang cukup mudah dikenali ada di bagian depan. Toyota Raize memiliki gril dengan desain mesh atau seperti jaring-jaring.

Sedangkan Daihatsu Rocky memiliki desain grill dengan model horizontal. Di bagian tengah, Raize punya logo Toyota dengan paduan aksen abu-abu. Sedangkan Daihatsu Rocky memiliki grill yang besar, dan logo Daihatsu berada di bagian dalam gril tersebut.

Selain itu, Toyota Raize memiliki dua buah foglamp di bagian bawah bumper yang disertai dengan LED DRL. Jika Raize memiliki LED DRL berbentuk horizontal, maka Daihatsu Rocky memiliki LED DRL dengan desain vertical.

Soal lampu depan, kedua mobil ini memiliki lampu yang sama. Hanya desain wajahnya saja yang berbeda. Untuk lampu depan, baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dibekali dengan lampu LED projector yang memberikan kesan mewah dan elegan pada mobil.

Di bagian samping, Toyota Raize ini sekilas memiliki tampilan yang serupa dengan Toyota C-HR. Di bagian samping, Raize dibubuhi dengan aksen hitam doff di beberapa bagian. Mulai dari bagian bawah bumper, side skirt, over fender, dan kaca spion yang berwarna hitam.

Atap dari Toyota Raize tipe tertinggi pun dihadirkan dengan warna hitam dengan motif dual tone. Dual tone ini merupakan varian tertinggi yang ada pada Raize. Sedangkan untuk tipe standar dan tipe terendah, memakai model warna single tone atau satu warna di seluruh bodinya.

Dimensi

Gambar Toyota Raize yang beredar di sosial media (Instagram).

Jika melihat dari angka spesifikasi dari dimensi Toyota Raize, sebenarnya mobil ini punya dimensi tak jauh berbeda dengan Toyota Calya. Ia memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dengan tinggi 1.620 mm. Jika dibandingkan dengan Calya memang tak jauh berbeda, memang lebih panjang Calya sedikit dengan ukuran 4.070 mm.

Mobil ini sejatinya memang dihadirkan untuk kebutuhan mobilitas di perkotaan yang tak terlalu memusingkan dimensi mobil yang besar dan panjang. Makanya, Raize dan Rocky memang dihadirkan untuk masyarakat perkotaan yang lebih menginginkan gaya.

Di bagian belakang, Toyota Raize bisa dibilang memiliki desain buritan yang sporty. Desain belakang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bisa dibilang tak ada perbedaan yang cukup signifikan. Karena kedua model tersebut punya tampilan yang sama persis.

Mesin

Raize dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder dengan perangkat turbocharger (Carmudi Indonesia).

Untuk mesinnya sendiri, Toyota Raize dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder dengan perangkat turbocharger. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 140 Nm.

Mesin tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis dengan CVT. Kendati belum diluncurkan, tetapi Toyota Raize sudah memiliki klaim pabrikan soal konsumsi bahan bakar.

Toyota Raize memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 18,6 km/liter untuk versi penggerak 2 roda. Sedangkan untuk varian tertinggi dengan penggerak 4 roda, mencatatkan konsumsi bahan bakar mencapai 17,4 km/liter. Catatan konsumsi bahan bakar ini tentunya membuat Toyota Raize sanggup menarik minat masyarakat perkotaan dengan mobilitas yang tinggi.

Fitur

Raize dibekali dengan beberapa fitur kekinian pada mobil (Carmudi Indonesia)

Untuk melihat fitur Toyota Raize bisa dibilang menjadi hal yang sulit ditebak. Tetapi, berkat adanya brosur yang sudah tersebar lebih dahulu dibanding launchingnya, pecinta mobil bisa melihat terlebih dahulu soal fitur yang ada. Toyota Raize dibekali dengan beberapa fitur kekinian pada mobil.

Sebut saja auto levelling dim, lane keeping assist, lane departure warning, airbag, dan beberapa fitur keamanan lainnya. Tetapi ingat, produk ini belum benar-benar diluncurkan oleh Toyota Jepang. Sehingga masih banyak orang yang masih sekadar menduga-duga tentang fitur yang ada pada mobil ini.

Harga

Mobil mini SUV ini dibanderol harga mulai dari Rp 200 jutaan (Carmudi Indonesia)

Bagaimana dengan harga dari Toyota Raize ini? Karena ini adalah produk yang belum dirilis, makanya harganya pun juga belum ada secara resmi. Namun, menurut brosur yang sudah beredar terlebih dahulu, Toyota Raize ini diprediksi memiliki harga mulai dari Rp 248 jutaan hingga Rp 295 jutaan tipe tertinggi.

Ada beberapa varian yang ditawarkan oleh Toyota Jepang untuk model Raize ini. Mulai dari tipe X, XS, G dan Z. Keempatnya merupakan varian yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Di negeri matahari terbit sendiri mobil ini sudah meluncur pada Selasa kemarin. Sedangkan untuk negara lain masih belum terendus perihal waktu peluncurannya secara resmi. Mesin kecil, desain kompak memang menjadi salah satu keinginan dari mobil yang ada di pasar Jepang. Nah, kira-kira tertarik gak sama Toyota Raize ini? (Editor: Winda Destiana Putri).