Robot NASA Kirim Foto Pemandangan Mars yang Tandus Tapi Memukau
VICE Indonesia

1 week ago

Robot NASA Kirim Foto Pemandangan Mars yang Tandus Tapi Memukau

Robot penjelajah Curiosity kembali dengan hasil jepretannya yang menakjubkan. Pada 3 November lalu, rover milik NASA ini memotret pemandangan Kawah Gale yang sangat luar biasa . Formasi tepi miring terlihat dari kejauhan. Gambar hitam putihnya diunggah ke feed publik gambar mentahan NASA. Dipasangi seperangkat instrumen Mars Science Laboratory, Curiosity sedang hobi foto-foto beberapa hari ini. Gambar serupa diambil pada 1 November.

Sejak mendarat di Mars pada 2012, Curiosity telah melakukan perjalanan sepanjang 20 kilometer lebih. Saat ini, robot penjelajah tersebut berada di singkapan curam bernama Central Butte. Selain mengambil foto close-up formasi batuan dan bayangan robot , Curiosity juga merekam pemandangan Kawah Gale selebar 100 mil dari vantagepoint Butte.

Hasil jepretan Curiosity pada November 2019. Gambar: NASA/Caltech-JPL

Tujuan robot menjelajahi Butte yaitu untuk mempelajari batuan sedimen di sana. Lapisan ini dapat memberikan petunjuk mengenai masa lalu Mars. Para ilmuwan menduga Kawah Gale dulunya merupakan danau atau sungai tiga miliar tahun lalu. Itulah mengapa kawahnya menjadi lokasi utama dalam mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di Mars.

Postingan blog Kristen Bennett, ahli geologi planet di Pusat Sains Astrogeologi USGS, menjelaskan Curiosity dijadwalkan mengunjungi sisi lain Central Butte dalam waktu dekat.

“Kami berharap ada banyak pemandangan menakjubkan lainnya dari Central Butte di lokasi selanjutnya,” kata Bennett.

Curiosity menjadi satu-satunya robot NASA yang masih berfungsi di Mars, setelah Opportunity dinyatakan mati pada Februari. Robot Opportunity mulai menjelajahi Mars pada 2004 bersama kembarannya, Spirit. Sejak itu, Opportunity berhasil mengungguli rover-rover lainnya dengan melakukan perjalanan sejauh 45 kilometer . Curiosity kini berbagi permukaan dengan pendarat InSight NASA, misi stasioner yang terletak hampir 643 kilometer dari Kawah Gale.

Apabila semuanya berjalan lancar, Curiosity bakalan punya teman lagi dalam beberapa tahun ke depan. Robot Mars 2020 NASA, yang dirancang seperti Curiosity, rencananya akan diluncurkan pada 2021. Robot penjelajah milik program luar angkasa Cina dan misi ExoMars Rusia/Eropa juga diharapkan mendarat di tahun yang sama.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE US.