Wonderful Indonesia Hadir di Stadion Real Madrid
Beritasatu.com

4 years ago

Wonderful Indonesia Hadir di Stadion Real Madrid

Jakarta -- Siapa sangka branding "Wonderful Indonesia" bisa hadir di Stadion Santiago Bernabeu, markas Real Madrid. Selain menyaksikan pertandingan sepakbola, penggemar kompetisi La Liga Spanyol, yang nge-fans Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya bisa melihat logo pariwisata Indonesia itu pada digital board replacement baik secara langsung maupun yang disiarkan televisi.

Semua televisi di negara-negara Asia dan Pasifik yang bisa menangkap siaran langsung dari Negeri Matador itu, bisa melihat "Wonderful Indonesia" saat kamera menyorot background lapangan hijau. Mulai Tiongkok, Korea, India, Jepang, Hong Kong, Thailand, Singapora, Malaysia, Filipina sampai ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan di Eropa, sepakbola itu gaya hidup. Baik tua muda, pria wanita, kaya miskin, mengenakan atribut klub favoritnya yang jadi satu kebanggaannya. Jika merchandise-nya saja diburu fans, sudah tentu pertandingannya bakal ditonton dan tidak mungkin semua orang bisa berjubel di stadion yang kapasitasnya hanya 60.000 orang.

"Maka di sinilah peran PTV (paid TV), atau TV berbayar. Mereka itulah yang membeli opsi hak siar dengan mahal, dan dijual ke semua stasiun TV untuk menaikkan rating atau jumlah pemirsanya. La Liga termasuk kedua termahal, setelah Liga Inggris. Di Asia saja 260 juta pemirsa lebih yang nge-fans La Lig Spanyol, dengan dua klub impiannya Real Madrid dan Barcelona," katanya dari siaran tertulisnya, Rabu (9/12).

Oleh karena itu, brand Wonderful Indonesia dimasukkan ke segmen tersebut. Tiongkok dan Korea sendiri, dua macan Asia dalam pentas sepakbola dunia, selain Jepang, sudah ditonton oleh 170 juta pasang mata.

ADVERTISEMENT

"Ini menjadi kendaraan yang efektif untuk menyantolkan branding Wonderful Indonesia, mempromosikan pariwisata Indonesia di pasar Asia karena target terbesar wisman kita 2015-2019 adalah Asia termasuk Tiongkok," ungkapnya.

"Anda bisa bayangkan, Stadion Santiago Bernabeu, markasnya El Real di Madrid itu, setiap hari ribuan orang berkunjung, membeli tiket USD 20, dengan kurs Rp 13.500 saja sudah Rp 270 ribu, hanya untuk Tour Bernabeu saja. Harga itu sudah lebih mahal dari tiket masuk kelas ekonomi di Stadion GBK. Kalau pertandingan? Dengan harga lima kali lipat? Dengan kapasitan 60.000? sudah bisa bayangkan?" kata Arief Yahya yang didampingi Markom Mancanegara Noviendi Makalam.

Tiket itu bukan perolehan nomor satu. Ada menjual hak siar TV, menjual space di stadion, sponsorship di kaus pertandingan, kaus latihan, equipment, sepatu, bintang iklan, merchandise, yang semuanya jika ditotal akan terkumpul pendapatan yang luar biasa. Sepak bola sudah bukan menjadi sport, yang harus menghitung menang dan kalah.

"Dengan ini nama Wonderful Indonesia semakin mendunia, semakin banyak dikenal orang. Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kalau dibalik, jika mau disayang, ya harus dikenal dulu," kata mantan Dirut PT Telkom itu.

Hendro D Situmorang/CAH

Suara Pembaruan