Twitter Beberkan Momen dan Tagar Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2015
trenologi.com

4 years ago

Twitter Beberkan Momen dan Tagar Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2015

Sudah bukan rahasia kalau Twitter memegang peranan penting dalam keseharian masyarakat Indonesia. Jejaring sosial tersebut telah menjadi saksi dari berbagai momen dan peristiwa penting yang terjadi di tanah air sepanjang tahun 2015, mulai dari isu politik sampai dengan berita duka.

Menyambut akhir tahun, Twitter pun mengajak masyarakat Indonesia untuk melihat kilas balik deretan momen-momen terpopuler serta berbagai hal menarik lainnya yang terjadi sepanjang tahun 2015. Semua ini dirangkum dengan rapi dalam #YearOnTwitter 2015. Mari menyimaknya satu per satu.

Momen terpopuler

Total ada lima momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter sepanjang tahun ini. Posisi pertama diduduki oleh "Bulan Suci Ramadan". Sepanjang bulan Juli, ada lebih dari 4,4 juta Tweet dari netizen tanah air yang membicarakan tentang perayaan Ramadan.

Selanjutnya ada isu "Melawan Asap". Sejumlah tagar atau hashtag yang banyak digunakan dalam percakapan mengenai isu ini adalah #MelawanAsap, #daruratasap, #PalembangButuhOksigen, #saveKalimantan, #saveRiau, #maribersikap dan #melawanapi.

Momen terpopuler ketiga adalah "Piala Presiden". Tidak heran mengingat Indonesia memang merupakan negara penggila sepak bola. Namun yang menarik adalah urutan ke-4, yakni "Berpulangnya Olga Syahputra". Popularitas selebriti ternama tersebut sangat besar hingga kepergiannya memicu lebih dari 720 ribu Tweet menggunakan tagar #RIPOlgaSyahputra.

Terakhir adalah "Save KPK" yang terjadi pada awal-awal tahun. Jumlah Tweet-nya mungkin tidak begitu fenomenal di angka 600 ribu, akan tetapi tweet impression-nya (berapa kali sebuah Tweet dilihat lewat desktop atau mobile) mencapai angka 9 juta dalam satu hari. Lebih lanjut, tagar #SaveKPK juga sempat menjadi trending topic dunia peringkat satu di hari tersebut.

Tagar terpopuler

Yang pertama adalah #VoteJKT48ID, digunakan untuk mengumpulkan suara dalam pemilihan Asia Kids Choice Award dan berhasil mendulang lebih dari 20 juta Tweet. Selanjutnya ada #mufc, tagar pilihan para pendukung tim sepak bola Manchester United setiap kali ada pertandingan. Ini menarik karena Indonesia ternyata merupakan salah satu negara dengan pendukung terbesarnya di dunia.

Posisi ketiga diduduki #1DID. Tagar ini sempat tercantum dalam 899.209 Tweet, membuktikan bahwa penggemar One Direction di tanah air amatlah banyak. Di posisi keempat ada #PersibDay, yang digunakan dalam lebih dari 870 ribu Tweet, dengan puncak percakapan yang terjadi ketika tim tersebut memenangi Piala Presiden pada 19 Oktober. Kemudian di posisi terakhir ada #RIPOlgaSyahputra.

Golden Tweet 2015

Inalillahiwainalillahirojiun sahabatkuuuu OLGA SYAHPUTRA?

Surga tempatmu sahabatku.

?" Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi) March 27, 2015

Terkait kepergian Olga Syahputra, rupanya sebuah Tweet berhasil dikukuhkan sebagai Golden Tweet 2015. Tweet tersebut berasal dari aktor Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi), yang mengekpresikan kesedihannya atas kepergian salah satu sahabatnya. Tweet dari Raffi ini berhasil meraih hampir 44 ribu Retweet, dan tweet impression-nya mencapai angka 3 juta sendiri.

Akun dengan follower terbanyak

Meski Tweet-nya paling banyak mengundang perhatian, rupanya Raffi Ahmad tidak termasuk 10 besar akun dengan follower terbanyak. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, daftarnya didominasi oleh selebriti ?" Agnes Monica lagi-lagi nomor satu ?" namun ada juga dua awak media beserta mantan presiden tanah air SBY.

Menarik juga untuk diketahui adalah penambahan follower masing-masing akun dari tahun lalu. Dalam kasus ini, Raditya Dika-lah yang berhasil meraih pertumbuhan jumlah follower terbesar, dengan tambahan sebanyak 3,5 juta dari tahun lalu. Alhasil ia pun berhasil naik satu peringkat ke posisi dua.

?"

Secara garis besar, #YearOnTwitter ini bisa menjadi indikasi bahwa Twitter cukup berhasil menjadi platform pemersatu bagi masyarakat dalam berbagi, mengekspresikan diri dan berkomunikasi satu sama lain. Sudah sewajarnya tahun depan penggunaan Twitter di Indonesia menjadi semakin heboh.

Gambar header: Twitter logo via Shutterstock.

The post Twitter Beberkan Momen dan Tagar Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2015 appeared first on Dailysocial.ID.